Opini Akademisi April 13 5 Min Read

Self-Love: Mencintai Diri Seutuhnya




Self-love merupakan sebuah kata yang pada umumnya menggambarkan suatu perilaku yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri baik secara fisik maupun nonfisik/ psikis. Jadi, self-love merupakan bentuk cinta dan kepedulian terhadap diri sendiri. Terdapat 4 hal dasar yang dapat membetuk self-love pada diri seseorang, diantaranya yaitu:

  1. Self-awareness

Self-awareness merupakan suatu bentuk kesadaran kita terkait bagaimana proses berpikir kita yang dapat mempengaruhi emosi serta perilaku kita. Self-awareness ini dapat dilihat dari bagaimana cara seseorang memahami dirinya sendiri.

Jika berbicara tentang pemahaman terhadap diri sendiri, banyak sekali orang yang menganggap hal ini merupakan hal yang sepele. Dan ternyata, di luar sana banyak sekali seseorang yang belum memahami dirinya sendiri. Kita banyak menjumpai seseorang yang belum bisa mengendalikan dirinya ketika marah. Kemudian apa yang harus dilakukan ketika ia sedang bersedih. Dengan ini, banyak sekali orang-orang yang belum bisa memahami dirinya sendiri. Maka self-awareness merupakan salah satu hal penting yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan kita harus selalu mengingat bahwa apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi apa yang kita rasakan dan apa yang kita lakukan. Dengan menerapkan self-awareness dalam keseharian kita, maka kita akan lebih mudah dalam menjalani hidup.

  1. Self-worth

Self-worth merupakan bentuk kepercayaan terhadap diri sendiri. Kepercayaan seseorang saat ini mudah goyah oleh paparan sosial yang berasal dari sosial media. Kerap kali kita membandingkan diri dengan orang lain sehingga kita tidak memiliki self-worth. Hal ini dapat diselesaikan dengan mengubah mindset kita menjadi positif. Fase ini juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa aktivitas yang kita rasa nyaman.

  1. Self-esteem

Self-esteem merupakan hasil dari self-worth. Fase ini merupakan fase dimana seseorang merasa mampu dan bisa. Self-esteem ini dapat terbentuk seiring dengan terbentuknya self-worth.

  1. Self-care

Self-care merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk menjaga dirinya agar tetap selalu sehat, baik secara fisik maupun psikis.

Jika kita sudah memiliki keempat hal dasar tersebut, itu tandanya kalo kita sudah dapat mencintai diri kita dengan seutuhnnya. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan self-love yaitu jalan-jalan, membaca buku, yoga, mendengarkan musik, dan lainnya.

Dampak positif self-love yaitu:

  • Membentuk hidup kita lebih sehat baik secara fisik maupun psikis.
  • Meningkatkan kepuasan hidup. Karena kita dapat menerima diri kita apa adanya sehingga kita lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki. Sehingga kita merasa puas dalam menjalani kehidupan ini.
  • Belajar menghadapi kesulitan. Seseorang yang memiliki self-love akan lebih mudah menghadapi berbagai permasalahan yang dialami. Karena dengan self-love ini seseorang merasa mampu dalam menghadapi berbagai rintangan yanng sedang ataupun akan dialaminya.
  • Hubungan dengan seseorang akan terjalin dengan baik.
  • Meningkatkan kebahagiaan, dapat mencapai tujuan yang diinginkan, dan dapat mengurangi stress dalam diri.

Cara menumbuhkan self-love

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan self-love, diantaranya yaitu:

  • Memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang lain.
  • Menghapus pikiran negatif. Kita harus melibatkan logika untuk menyingkirkan pikiran negatif ini dengan mengubah pola pikir kita menjadi positif. Jika pikiran negatif ini terus menguasai pikiran kita, kita dapat mengatasinya dengan mencari solusi untuk masalah yang kita anggap akan berdampak negatif.   
  • Melakukan meditasi agar diri kita selalu memikirkan hal-hal positif, seperti melakukan yoga.

 

Sumber gambar: https://sukoharjonews.com/cara-self-love-dalam-islam/amp/

Eni Hidayati                 
109 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.