Sains dan Teknologi March 26 9 Min Read

Manfaat dari Fogging untuk Lingkungan




Generasipeneliti.id-- Fogging merupakan pengasapan yang dilakukan dengan menyemprotkan berbagai bahan kimia insektisida dengan berbagai fungsinya masing-masing (malathion, temephos, pyriproxyfen, cypermetrin) dari alat fogging ke seluruh lingkungan, tempat, atau ruangan yang berpotensi menjadi tempat bersarangnya nyamuk dewasa dan jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Fogging ini dilakukan guna membunuh serangga terutama nyamuk yang dapat menjadi mediator pembawa virus dengue (penyebab demam berdarah dengue) kepada manusia.

Namun ada beberapa jenis fogging lainnya selain fogging nyamuk yang juga bisa dilakukan seperti fogging disinfektan yang akhir akhir ini sedang dilakukan akibat adanya virus corona untuk menjaga lingkungan untuk tetap bersih.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan dari melakukan fogging pada lingkungan? Simak langsung jawabannya di bawah ini!

1. Fogging Mampu Membasmi Nyamuk
Penyemprotan fogging yang bertujuan untuk membunuh nyamuk mampu membasmi kerumunan nyamuk dan jentik-jentiknya.

Dengan penyemprotan fogging, kumpulan tempat yang menjadi sarang nyamuk tentunya akan menjadi bersih karena para nyamuk mati akibat semprotan dari fogging yang mengandung bahan-bahan kimia pembunuh nyamuk.

Jika populasi nyamuk berkurang, maka akan meningkatkan kenyamanan pada lingkungan Anda.

2. Fogging Mampu Mencegah dan Mengurangi Demam Berdarah Dengue (DBD) 
Seperti yang dijelaskan dalam manfaat fogging yang pertama kali bahwa fogging dapat membunuh nyamuk dan jentik-jentik, ternyata hal tersebut juga dapat menimbulkan manfaat lainnya.

Dengan terbunuhnya nyamuk-nyamuk di lingkungan, mampu mengurangi tingkat penyebaran penyakit DBD, dan mengurangi resiko Anda terkena demam berdarah dengue. Karena, nyamuk merupakan mediator utama yang mampu membawa virus dengue melalui gigitannya.

Sehingga, jika Anda melakukan penyemprotan fogging dan membasmi nyamuk khususnya nyamuk Aedes Aegypti, tak akan ada lagi mediator pembawa virus dengue di lingkungan Anda.


3. Fogging Disinfektan Membuat Lingkungan Jadi Lebih Steril


Jika Anda melakukan fogging disinfektan tentunya hal ini dapat membuat lingkungan Anda menjadi lebih bersih dan steril.

Hal tersebut dapat terjadi karena disinfektan berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang terdapat di lingkungan Anda.

Baik yang terdapat di dalam ruangan dari tempat yang terjangkau hingga sudut-sudut terpencil pun tetap dapat terkena semprotan dari fogging, dan juga kuman serta bakteri yang terdapat pada benda-benda dari yang sering Anda gunakan hingga yang jarang Anda gunakan.

Dengan terbunuhnya kuman dan bakteri, lingkungan Anda tentunya akan menjadi lebih nyaman, bersih, dan steril.

4. Fogging Mobil untuk Kebersihan Mobil Serta Lingkungan

Mungkin kebanyakan dari Anda lebih sering mendengar fogging untuk nyamuk saja, tapi nyatanya fogging pun bisa dilakukan untuk perawatan mobil, lho.

Manfaat dari fogging mobil ini yaitu mampu membersihkan mobil dari kuman, bakteri, ataupun virus yang ada di dalam maupun di luar mobil.

Sehingga ketika Anda lebih banyak kegiatan di dalam mobil, apalagi ketika berpergian jauh, Anda tidak perlu khawatir karena lingkungan yang Anda tempati tersebut bersih jika dilakukan penyemprotan fogging pada mobil.

Rahman Andi Sudirman                 
148 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.