Opini Akademisi July 31 3 Min Read

MAKAN BUAH SEBELUM ATAU SESUDAH MAKAN NASI YA ?




Siapa di sini yang kalau ke pesta, buah-buahan dimakan setelah makan nasi ? Atau masih ingat tidak orangtua sering bilang kalau buah itu makanan pencuci mulut karena buah lebih dikenal sebagai makanan penutup, yang dikonsumsi setelah makan besar (dalam tulisan ini makan besar saya contohkan makan nasi). Tapi tahukah, sebagian orang mengatakan bahwa makan buah sebelum makan nasi itu lebih baik daripada makan buah setelah makan nasi. Loh, yang mana yang benar ? Sebelum atau sesudah makan nasi ya ?

Makan buah sebelum atau sesudah makan nasi sebenarnya sama-sama bermanfaat. Tidak ada aturan tertentu yang terbukti secara ilmiah kapan waktu terbaik menikmati buah. Tergantung kebutuhan tubuhnya. Ada yang ingin menurunkan berat badan ? Pasti banyak sekali, apalagi kalangan remaja perempuan yang sangat memperhatikan penampilan tubuh, pertambahan berat badan menjadi masalah serius bagi kalangan remaja. Mereka berpendapat bahwa kelebihan berat badan menjadi masalah di mata lawan jenis. Eits, kita lupakan remaja, kita lanjut membahas makan buah baiknya sebelum atau sesudah ya.

Makan buah sebelum makan nasi bagus untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, karena perut sudah kenyang dengan buah-buahan. Nafsu makan juga akan berkurang disebabkan perut yang sudah berisi. Risiko untuk mengalami pertambahan berat badan lebih kecil. Jadi, makan buah sebelum makan nasi dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan. Berbeda dengan orang dengan penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, mengonsumsi buah dianjurkan sesudah makan nasi agar tidak menaikkan asam lambung.

Makan buah sebelum dan sesudah makan tidak ada masalah. Makan buah sesudah makan tidak akan mempengaruhi penyerapan zat gizi dari buah-buahan di tubuh. Zat gizi dari buah tetap diserap dengan baik oleh tubuh. Sistem pencernaan manusia dirancang dengan sangat baik oleh Pencipta, sehingga ketika mengonsumsi berbagai makanan yang berbeda dalam satu waktu, sistem pencernaan tetap bisa mencerna dengan baik makanan yang dikonsumsi.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk memenuhi asupan zat gizi seimbang tubuh. Buah-buahan dianjurkan dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan mineral. Namun, konsumsi buah juga tetap memperhatikan jumlah karena buah juga mengandung kalori dan gula. Berbagai manfaat konsumsi buah-buahan, yaitu :

  1. Serat dalam buah mencegah terjadinya sembelit atau masalah pencernaan
  2. Zat gizi dalam buah dapat mengontrol kadar gula darah jika dikonsumsi sesuai kebutuhan.
  3. Zat gizi dalam buah seperti Vitamin A dan C mampu berperan sebagai antioksidan
  4. Vitamin A dalam buah dapat menjaga kesehatan mata dan kulit.
  5. Risiko terkena penyakit, terutama penyakit kronis, juga menurun.
  6. Konsumsi buah secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan kardiovaskular lainnya, diabetes tipe 2, melindungi dan melawan kanker
  7. Air yang ada didalam buah dapat meningkatkan metabolisme tubuh
  8. Folat, yang berperan penting dalam pembentukan darah dan materi genetik
  9. Kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan fungsi sistem saraf

Buah memang baik untuk dikonsumsi, namun ingat, konsumsi beranekaragam makanan sehat setiap harinya, termasuk buah, sayur, makanan sumber karbohidrat, protein dan lemak. Jangan lupa, olahraga rutin, agar tubuh lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

YUSNINA MAISYAROH                 
338 8 42
Bagikan ini ke sosial media anda

(8) Komentar

Image
Ridho alamsyah lubis 1 August 2022

Makan nasi dulu baru buah gayssss

Bagikan   

Image
Muhammad Ikhsan 1 August 2022

Info ini sangat bermanfaat

Bagikan   

Image
Muhammad Alfhian 1 August 2022

Sangat bermanfaat untuk kesehatan 👌

Bagikan   

Image
Puput 1 August 2022

Waah ternyata gk masalah before or after makan y

Bagikan   

Image
Putri Maulida 2 August 2022

Terimakasih min atas info yang begitu sangat bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu di bidang kesehatan🙏

Bagikan   

Image
Cut Dewi Sartika 2 August 2022

Alhamdulillah, Terimakasih infonya bestie

Bagikan   

Image
pangabrizky@gmail.com 2 August 2022

Apakah berlaku untuk semua buah ya ? Termasuk durian 🤭

Bagikan   

Image
Risma 1 October 2022

Tq...

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.