Opini Akademisi May 28 5 Min Read

5 Trik dalam Menulis Artikel Populer




Artikel populer adalah sebuah tulisan yang berisi rangkuman dari artikel ilmiah dengan gaya penyampaiannya menggunakan bahasa yang ringan. Dapat dikatakan pula, bahwa artikel populer merupakan sebuah artikel atau tulisan yang mengandung isi kajian, pandangan, atau opini yang disertai dengan argumentasi secara ilmiah tentunya. Tak lupa poin utamanya terletak pada penyampaiannya dengan bahasa populer, sehingga orang awam mudah dalam memahami.

 

Lantas bagaimana kiat  menulis artikel populer? Berikut langkah-langkah yang perlu kita lakukan dalam menulis artikel populer:

  1. Menentukan topik

Tentukanlah topik yang akan Anda kerjakan. Untuk mencari topik dan ide tulisan dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Membaca
  2. Mendengarkan
  3. Melihat
  4. Mengalami
  5. Berdialog
  6. Berjalan-jalan
  7. Berfikir
  8. Merenung
  9. Berkontemplasi sendiri.

 

  1. Memperluas dan memperdalam perspektif tentang topik

Perluaslah dan jangan lupa perdalamlah perspektif Anda tentang topik yang akan Anda tulis tersebut dengan cara-cara yang sesuai dengan Anda seperti membaca, berefleksi (berfikir, merenung), bertanya, berdialog, mendengarkan berita, dan lain-lain.

 

  1. Membuat sketsa dan poin-poin bahasan di sekitar topik

Buatlah sketsa dan poin-poin bahasan apa yang akan Anda uraikan dalam tulisan berkaitan dengan topik yang telah Anda pilih.

 

  1. Mulai menulis secara cermat, tekun, dan teliti

 

  1. Membuat judul tulisan

Buatlah judul tulisan Anda dengan singkat, padat, menarik, dan memikat. Judul yang memikat dan menarik dapat menggoda para pembaca untuk segera masuk ke isi tulisan Anda secara keseluruhan. Meskipun isi tulisan Anda sebenarnya menarik dan berbobor, akan tetapi jika Anda tidak memiliki kepekaan dan kemampuan untuk membuat judul yang memikat, maka bisa jadi tulisan Anda tidak dibaca dan dilewatkan begitu saja oleh para pembaca. Hal ini memang perlu, karena judullah yang pertama kali disimak secara cepat oleh para pembaca yang haus akan ide, gagasan, dan informasi di bidang tertentu, sebelum pembaca memutuskan untuk membaca isi tulisan Anda lebih lanjut atau tidak.

 

Sumber :

M. Arief Hakim. Kiat Menulis Artikel Media Dari Pemula Sampai Mahir. Bandung: Penerbit Nuansa Cendeka

 

Sumber gambar :

https://pin.it/1T20DST

Mahardini Ika Safitri                 
98 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.