Opini Akademisi May 27 3 Min Read

Tips Membuat Judul Paper Penelitian, Dijamin Terindeks Scopus




Tips Membuat Judul terindeks Scopus adalah hal yang masih terus digali oleh peneliti, termasuk peneliti Indonesia.

Walau bukan karya fiksi, judul bombastis dengan keyword menarik pasti akan menarik banyak pembaca.

Membuat judul paper jurnal penelitian sebenarnya adalah perkara gampang-gampang susah. Membuat judul paper jurnal penelitian yang benar, sesuai dengan kaidah sains dan grammar, serta menarik minat pembaca adalah kemampuan yang datang seiring dengan pengalaman.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, Klinikjurnal memiliki tips membuat judul jurnal penelitian untuk Anda.

 

Dilansir Klinikjurnal dari Green Publisher, judul paper jurnal penelitian harus diawali dengan membuat judul paper yang menarik dan menggoda agar dapat terindeks Scopus. Membuat judul paper jurnal yang menarik juga akan membuat jurnal yang kita tulis lebih banyak dibaca dan dirujuk untuk disitasi rekan peneliti yang lain.

Dengan judul yang menarik, kemungkinan naskah Anda akan diterima oleh penerbit yang terindeks Scopus akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk menulis judul jurnal yang menarik dan berbobot. Tips membuat judul jurnal penelitian yang menarik dan berbobot setidaknya harus memenuhi tiga hal berikut ini:

1. Objektivitas

Pada sebuah judul harus memuat objek yang jelas dan spesifik. Objek yang kita tuliskan dalam judul sebaiknya mengenai objek yang sudah banyak dikenal orang. Selain itu, dalam judul juga harus tergambar dengan jelas tujuan dan maksud dari suatu penelitian. Dengan begitu, pembaca atau editor akan dengan mudah menentukan sisi menarik dari penelitian yang kita tulis. Hindarilah judul yang panjang dan berbelit-belit atau sulit untuk dipahami. Jika dari judul saja sudah sulit untuk dipahami maka kemungkinan besar pembaca atau editor akan malas untuk membaca jurnal Anda.

Konsekuensinya, jika masih dalam tahap pengajuan maka besar kemungkinan editor akan menolak naskah Anda. Walaupun sudah lolos terbit, kemungkinan minat pembaca untuk merangkum dan sitasi naskah Anda juga kecil.

 

2. Metode

Dalam judul yang baik harus dicantumkan metode apa yang Anda gunakan dalam penelitian Anda. Misalnya dalam jurnal pendidikan, cantumkan pada judul metode apa yang akan Anda gunakan dalam penelitian Anda untuk mencapai suatu dampak tertentu. Judul yang mencantumkan metode akan terlihat lebih menarik dan meyakinkan penelitiannya. Oleh karena itu, akan sangat besar kemungkinan naskah artikel Anda akan dilirik dan diterima pada jurnal yang terindeks Scopus.

Judul yang menampilkan metode misalnya: Convolutional capsnet: A novel artificial neural network approach to detect COVID-19 disease from X-ray images using capsule networks

Menambahkan metode pada judul (atau setidaknya menambahkan cara pendekatan dalam memecahkan hipotesis) adalah kata kunci yang sering dicari orang.

Banyak orang mencari sitasi penelitian yang menggunakan metode yang sama dengan mereka gunakan. Tambahkan metode Anda pada judul untuk meningkatkan kemungkinan jurnal Anda mudah ditemukan orang lain.

 

3. Signifikansi

Judul yang menarik agar lolos pada jurnal yang terindeks Scopus harus memperlihatkan adanya signifikansi pada penelitiannya. Misalnya, pada jurnal pendidikan signifikansi yang hendak dicapainya adalah memperoleh pembelajaran yang lebih efektif.

Judul jurnal yang menarik terlihat dari seberapa besar signifikansi yang yang didapat dari penelitian tersebut. Apabila signifikansinya biasa saja maka penelitiannya pun akan biasanya saja dan kecil kemungkinannya untuk lolos pada jurnal yang terindeks Scopus. Contoh Judul jurnal yang menarik agar terindeks Scopus, “Effects of dark chocolate consumption on anxiety, depressive symptoms and health related quality of life status among cancer patients”.

Selamat berkarya! (niken/KJ)

 

Sumber: http://news.klinikjurnal.com/post-detail.php?article=36

KLINIK JURNAL merupakan lembaga resmi dibawah perusahaan Global Science. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan profesional dan proses asistensi yang legal demi membangun citra publikasi Indonesia secara global.

Di tahun 2022 ini kami mulai menggiatkan program edukasi secara GRATIS untuk para akademisi yang haus ilmu seputar menulis dan publikasi ilmiah. Untuk mendaftar di program tersebut bisa kunjungi website di link berikut: https://klinikjurnal.com/authoracademy/ atau mendaftar di bit.ly/JoinAuthorAcademyKJ

Silakan ikuti juga Diskusi pada forum berikut:

Diskusi di Telegram: https://t.me/SolusiScopus

Diskusi di Facebook: https://www.facebook.com/groups/forumsolusiscopus

KLINIK JURNAL                 
153 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.