Opini Akademisi May 4 9 Min Read

Melancarkan Imajinasi Sebelum Mendesain




Imajinasi merupakan unsur terpenting dalam mendesain, namun kita sebagain designer pasti sering mengalami mind block ataupun mood yang tiba-tiba menurun ketika sedang mendesain. Mind block dan mood yang jelek tentu berpengaruh dengan kualitas desain kita, padahal terkadang desain yang kita kerjakan pun sudah deadline. Tapi tau gak sih kalian, kalau melakukan pemanasan sebelum mendesain itu penting?

Kita hanya perlu refreshing sebelum mendesain, apakah kalian tidak bosan jika harus revisi secara terus menerus karena kalian badmood? Tentu tidak kan? Nah, refreshing yang bisa kita lakukan sebelum mendesain juga simple banget loh! Berikut adalah hal-hal yag bisa kalian lakukan,

1. Mencari Referensi

Tentu kita tidak bisa asal mendesain, kita membutuhkan referensi untuk mendesain. Tapi, tahu kah kalian jikalau mencari referensi merupakan salah satu cara untuk melancarkan imajinasi kita? Dikarenakan kita mendapatkan berbagai macam asupan referensi, maka otak kita sudah menangkap apa yang sudah kita lihat. Semakin banyak referensi semakin lancar juga otak kita untuk memunculkan ide-ide desain baru. Mencari desain yang sesuai dengan gaya kalian juga bisa menambahkan mood kalian ke arah yang lebih baik loh!

2. Mendengarkan Musik

Musik juga salah satu jalan kita untuk mendapatkan mood yang lebih bagus dan juga membuat kita lebih lancar dalam berimajinasi mengikuti alur musik yang kita dengar. Mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana yang berwarna atau musik yang kita suka, terbukti sangat efektif dikarenakan musik merupakan seni juga. Sama dengan desain, yang merupakan salah satu cabang dari seni juga.

3. Melakukan Apa yang Kita Suka

Melakukan kegiatan yang kita suka juga dapat melancarkan otak kita dan menambah mood kita. Kita bisa melakukan kegiatan yang sesuai dengan hobby kita, seperti olahraga, bermain game, dan kegiatan-kegiatan yang mengandung unsur positif agar kalian mendapatkan mood yang lebih baik.

4. Mencari Suasana Baru

Mungkin kalian merasakan jenuh jika harus mendesain di dalam ruangan yang itu-itu saja. Jika kalian memiliki laptop untuk mendesain, coba lah untuk mencari suasana baru. Entah itu di kafe atau di tempat yang sepi dan sejuk dan berbagai macam tempat lainnya, menyesuaikan suaasana yang kalian inginkan.

Mudah kan? Tidak menghabiskan banyak uang juga. Toh pada dasarnya imajinasi didapatkan secara percuma, tidak perlu melakukan hal-hal yang susah. Adapun terkadang kita mendapatkan imajinasi ketika kita sedang diam atau melakukan sesuatu, ada baiknya jika itu di tulis atau di gambar secara konsep kasar. Semoga membantu kalian dalam mendapatkan imajinasi sebelum mendesain!

Muhammad Rayhan                 
86 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.