Opini Akademisi June 1 9 Min Read

Tips Atasi Rasa Malas Belajar, Salah Satunya Kurangi Main HP




Rasa malas belajar adalah hal yang lumrah terjadi pada kehidupan kita, namun tak boleh kita biarkan menjalar terlalu lama, berbagai motif rasa bosan belajar dapat melanda kapan saja. Kondisi itu tentu dapat mengurangi produktivitas kita, menyerang waktu kita untuk tidak melakukan hal yang bermanfaat, ia seakan menjelma dan membawa kita dalam zona nyaman hingga kita lupa pentingnya belajar. 

Jelas hal tersebut tidak patut dibiarkan menjamur dalam diri, karena kalau itu dibiarkan tidak menutup kemungkinan akan bersahabat dan kita mengesampingkan enaknya belajar. Bahkan kadang menganggap bahwa belajar suatu hal biasa saja dan tidak patut dikerjakan. 

Problem itu mesti kita harus punya kesadaran dan bekal untuk mengatasinya, kalau tidak bisa secara keseluruhan, alangkah baiknya diatasi secara perlahan asalkan komitmen. Saya rasa ketika ada komitmen kuat untuk mengatasi rasa malas, dengan sendirinya rasa malas itu akan mengalah dan menjauh juga dari kita. 

Selain komitmen yang kuat, berikut tips sederhana yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi rasa malas. Semoga saja ketika melalui tips tersebut, rasa malas itu dapat kita lawan dan semakin semangat kita bisa belajar. 

1. Perjelas lagi tujuan belajar

Saat kita sudah mulai diserang virus malas, penting bagi kita cros cek ulang apa sih tujuan belajar. Apa manfaat yang didapatkan ketika belajar untuk masa kini dan masa akan yang datang? Ketika kita sadar pentingnya dan manfaat belajar, mungkin saja kita bisa kembali sadar bahwa memang belajar tidak boleh dilalaikan. Saat kita sadar bahwa sesuatu itu jelas manfaatnya untuk diri kita terlebih pada orang lain, tentu kita akan terpantik untuk melakukannya dan merasa nyaman belajar. 

2. Mandi atau cuci muka dengan air dingin

Cara ini dapat kita praktekkan saat malas belajar, mungkin saja kita sedang dilanda rasa ngantuk saat ingin belajar. Mandi atau cuci muka dengan air dingin dapat membuat kita bisa lebih segar, pada kondisi itu aura untuk belajar bisa terdongkrak walau masih kecil persennya, tetapi tak apalah yang penting sudah ada reaksi belajar dan itu bisa dilakukan secara konsisten. Hal kecil yang dilakukan secara konsisten, nantinya juga dapat berdampak besar pada diri sendiri maupun orang lain. 

3. Mengajak teman belajar bareng

Namanya juga makhluk sosial selalu kita butuh orang lain, orang lain bisa saja teman, keluarga dan kerabat yang bisa mendorong kita melakukan suatu kegiatan yang produktif. Saat dilanda rasa malas, mungkin kita bisa mengajak teman untuk belajar bareng, tetapi dengan catatan teman tersebut harus mampu membuat kita bisa semangat belajar atau se-frekuensi dengannya. Ketika diantara teman-teman bisa mempengaruhi untuk sama-sama belajar dan mengatasi rasa malas belajar secara bersama, maka rasa malas pun perlahan dapat kita juga atasi. 

4. Hitung mundur dari 5 sampai 1, lalu bangkit

Kalau yang ini semacam trik untuk melawan rasa malas, di sini kita bisa komitmen dalam diri dengan cara menghitung mundur dari angka 5 sampai 1, saat dalam hitungan angka 1 kita langsung bangkit dan memulai untuk belajar. Terkadang saat kita langsung bangkit untuk bergegas belajar, rasa malas pun sedikit bisa terasa hilang dan kita pun bisa langsung fokus untuk belajar. Artinya kita memang harus memaksa diri untuk melawan rasa malas. 

5. Cari tempat belajar aman

Tempat juga sangat mempengaruhi mood kita belajar, ketika tempat berantakan terlebih diserang keributan tentu rasa malas belajar akan terus menghantui kita, karena di sisi lain  kita tidak akan fokus belajar jika memaksakan belajar berada di tempat tersebut. 

Beda halnya jika memang tempatnya aman, bersih, dan jauh dari keributan, bisa saja kita akan merasa lebih semangat belajar karena didukung dengan suasana yang aman. Oleh karena itu, jika kita pengin belajar alangkah lebih baik untuk mencari tempat yang aman dan nyaman sebelum memulai belajar. 

6. Jangan pegang HP selama 1 jam

Main HP memang tidak bisa dipungkiri dapat mengganggu aktivitas belajar, canggih dan banyaknya fitur HP sekarang semakin penasaran kita untuk terus memegang HP, apalagi kalau sudah kecanduan main gamenya. Terkadang saat memegang HP membuat kita tidak sadar banyaknya waktu belajar yang terbuang, juga bermain HP membuat kita malas untuk belajar. 

Akan tetapi, ketika kita mampu untuk tidak pegang HP selama 1 jam, maka momentum itu dapat digunakan untuk belajar. Memang harus butuh komitmen yang kuat, supaya bisa tidak memegang HP selama 1 jam, apakah sobat pembaca siap? 

7. Terapkan prinsip hidup sehat dan sederhana

Pola hidup sehat juga sangat berdampak pada semangatnya kita belajar, hal ini didukung karena kondisi fisik dan otak punya stamina yang mempuni untuk belajar. Misalnya kita terapkan olahraga yang teratur, makanan yang teratur dan bergizi, serta tidur yang teratur pula. Maka dengan itu juga bisa dapat melawan rasa malas dan kita punya semangat belajar yang tinggi. 

8. Jangan kaku belajar

Persoalan belajar tidak harus ini dan itu, cara belajar tidak sama setiap orang. Ada orang yang suka belajar dalam keadaan hening, tetapi ada juga yang suka belajar sambil dengerin musik, atau bahkan ada lagi cara lain yang digunakan demi kenyamanan belajar. 

Oleh karena itu, kita tidak boleh kaku belajar, gunakan berbagai metode, alat pendukung, suasana lingkungan, yang penting itu bisa membuat semangat belajar dan rasa malas mampu dilawan. 

9. Kurangi scroll sosmed

Bermain sosmed memang penting, tetapi penting juga bagi kita untuk membatasinya. Kadang kita tidak sadar dalam sehari bermain media sosial mulu, scroll sana-sini hanya tak ingin ketinggalan update story teman di media sosial. 

Bukannya hal itu tidak baik, tetapi kita mesti mampu menguranginya agar tidak terjebak dengannya dan melalaikan waktu belajar. Maka dari itu, harus ditanamkan dalam diri untuk bisa mengurangi scroll media sosial demi menjaga rasa malas belajar menyerang. 

10. Menjauh dari aktivitas rebahan

Aktivis rebahan seperti bantal dan kasur juga sangat mempengaruhi kita untuk malas belajar. Ya mungkin saja kita bisa belajar, tetapi hal itu tidak bakalan bertahan lama dan akan tergoda untuk rebahan, ujungnya nanti akan ketiduran. Untuk itu, saat belajar hendaknya bisa menjauhkan dari berbagai aktivitas rebahan, supaya kita tidak tergoda untuk rebahan. 

Itulah 10 tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa malas, semoga saja kita bisa melawan rasa malas itu dan kita komitmen untuk bisa belajar setiap hari, walaupun sedikit asalkan komitmen. Walau rasa malas kadang sulit dilawan kalau sudah menjamur, tetapi setidaknya ada usaha secara perlahan untuk membangkitkan semangat belajar tetap tumbuh. Semoga kita semua tetap dapat mengatasi rasa malas belajar. 

 

Sumber gambar : Pixabay.com

Budi Prathama                 
88 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.