Opini Akademisi July 29 5 Min Read

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Gap Year




Apakah kalian belum beruntung untuk melanjutkan kuliah tahun ini? Jangan khawatir! Banyak kegiatan positif yang bisa kalian lakukan selama gap year kalian. Tujuannya tentu saja agar kalian semakin produktif dan bisa mengasah potensi atau kemampuan yang terpendam di dalam diri kalian masing-masing. Apa-apa saja kegiatan yang bisa dilakukan saat gap year? Simak ulasannya sampai habis ya!

6 Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Gap Year

1. Kenali Diri Sendiri Lewat Passion

Beberapa orang sering merasa bahwa ia salah dalam mengambil jurusan saat kuliah, tentunya biaya dan waktu yang sudah dihabiskan akan terasa sia-sia bukan? Sebaiknya, saat gap year kalian bisa mencoba untuk mengenal diri sendiri dan mencari tahu apa sebenarnya passion kalian. Passion ini sangat membantu untuk menentukan kearah mana kalian akan melangkah. Saat gap year kalian sudah berlalu, kalian tidak akan bingung dan merasa salah mengambil keputusan.

2. Persiapan Diri Untuk Test

Belum lulus SBMPTN tahun ini? Jangan menyerah! Kalau kalian harus menunda dulu kuliah, gunakanlah waktu menjelang SBMPTN tahun depan untuk mempersiapkan diri lebih matang. Evaluasi diri kalian dari pengalaman kemarin, pelajari juga secara detail soal jurusan yang mau kalian pilih, dan jangan lupa untuk improve diri lewat latihan soal dan semoga sukses di tahun berikutnya.

3. Traveling Sebagai Sarana Membuka “Mata”

Traveling itu tidak semata menghabiskan uang saja lho! Apalagi kalau kalian solo traveling. Banyak hal dan orang baru yang akan kalian temui, yang mana itu tidak hanya membuka pikiran kalian tapi sekaligus bisa menambah relasi serta mengubah sudut pandang kalian soal dunia luar. Dengan begitu, kalian akan lebih well-prepared untuk memasuki dunia perkuliahan.

4. Spending Quality Time Bersama Keluarga

Kalau kalian sudah masuk ke dunia kuliah, terlebih lagi harus merantau, percayalah bahwa kalian akan merasakan sedikitnya waktu yang bisa kalian habiskan bersama keluarga. Karena saat setelah kalian lulus dan memutuskan untuk berkarir di luar daerah, tentunya kalian akan banyak menghabiskan waktu jauh dari mereka. Jadi manfaatkan gap year kalian untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bareng orangtua dan orang-orang terdekat kalian.

5. Kerja untuk Menambah List CV

Kalau kalian ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kalian bisa coba mengisi gap year kalian sambil magang atau kerja paruh waktu. Pilihlah kegiatan magang atau kerja paruh waktu yang memang sesuai dengan soft skill kalian, di luar itu juga tidak masalah asalkan kalian sanggup dan mampu. Tujuannya tentu saja untuk memberikan kalian pengalaman kerja yang bisa kalian cantumkan di CV kalian nantinya.

6. Ikut Kursus Supaya Makin Valuable

Tidak ada salahnya bagi kalian yang sedang menjalani masa gap year untuk mengisi waktu kosong dengan ikut kursus. Kalian bisa memulainya dengan mengikuti kursus bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Tujuannya tentu saja untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kalian agar bisa bersaing di dunia perkuliahan. Apalagi jika nantinya kalian bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, sudah pasti itu sangat membanggakan bukan?

Nah itulah tadi ulasan tentang beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat gap year. Jangan khawatir dan jangan menyerah, anggaplah ini sebagai kesempatan emas untuk mempersiapkan diri kalian lebih matang lagi. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya!

Khairil Fajrin                 
199 1 4
Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 30 July 2022

Nice Info!!!

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.