Opini Akademisi March 24 6 Min Read

Yuk Kuliah ke Jepang dengan Beasiswa MEXT! Ini Jadwal dan Persyaratannya.




Apakah pembaca setia Generasi Peneliti ada yang sangat suka makan sushi, takoyaki, okonomiyaki, serta yaki-yaki lainnya?. Pastinya pembaca sudah tahu kan kalau makanan-makanan tersebut berasal dari Negeri Sakura. Budaya Jepang memang sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia, mulai dari makanan, teknologi, manga/komik, cosplay, hingga musik. Sehingga banyak orang tertarik untuk mengunjungi Negara tersebut dengan tujuan berwisata atau untuk belajar.

Jika pembaca tertarik pergi ke Jepang untuk tujuan belajar, jangan khawatir dengan biaya karena pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) setiap tahun menawarkan beasiswa untuk pelajar asing yang ingin kuliah di Negeri Sakura tersebut.

Terdapat beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh MEXT menurut informasi dari laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, yaitu Research Student, Undergraduate, College of Technology, Specialized Training College, Teacher Training, dan Japanese Studies.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa MEXT mencakup biaya studi dan biaya hidup tanpa ikatan dinas. Seluruh biaya kuliah akan ditanggung sepenuhnya, termasuk biaya sekolah persiapan dan juga tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Jepang serta biaya pengurusan visa.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa MEXT 2022

Pendaftaran beasiswa MEXT biasanya akan dibuka pada bulan April hingga Mei. Pada tahun 2021 kemarin, pendaftaran dibuka pada tanggal 19 April-7 Mei untuk program Undergraduate, College of Technology, dan Specialized Training College.

Ujian tulis dilakukan pada akhir Juni dan hasil ujian tulis diumumkan pada pertengahan Juli. Sedangkan wawancara dilaksanakan pada awal Agustus dan pengumuman final pada bulan Januari tahun berikutnya.

Syarat Pendaftaran Beasiswa MEXT 2022

Syarat dan ketentuan pendaftaran beasiswa MEXT untuk tahun ini belum diumumkan namun anda bisa mengacu pada ketentuan pendaftaran beasiswa MEXT pada tahun-tahun sebelumnya yaitu sebagai berikut :

A. Undergraduate

1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat.

2. Usia maksimal 24 tahun pada tahun pendaftaran beasiswa.

3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 84 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing semester; Matematika wajib dan B. Inggris wajib.

4. Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA, tidak bisa mendaftar apabila nilai rata-rata mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

5. Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPS apabila salah satu nilai mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat:

  • Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3
  • J-Test minimal level D-E (500 poin)
  • NAT-Test minimal level 3
  • Examination For Japanese University (EJU) minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang

6. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan.

7. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut ini, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

B. College of Technology

1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat jurusan IPA.

2. Usia maksimal 24 tahun pada tahun pendaftaran beasiswa.

3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 80 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing; Matematika wajib dan B. Inggris wajib.

4. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan.

5. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut ini, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

C. Specialized Training College (Senshu)

Beasiswa MEXT menawarkan beasiswa bagi siswa lulusan SMA/K dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko).

Specialized Training College merupakan sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu atau setara dengan sekolah vokasi D-3 di Indonesia.

1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/K dan sederajat (semua jurusan).

2. Usia maksimal 24 tahun pada tahun pendaftaran beasiswa.

3. Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 80 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing semester; Matematika wajib dan B. Inggris wajib.

4. Apabila nilai salah satu mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 80, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat:

  • JLPT minimal level N4
  • J-Test minimal level D-E (350 poin)
  • NAT-Test minimal level 4
  • EJU minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang

5. Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan mendapat poin tambahan.

6. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut ini, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

Penerima beasiswa akan mengikuti pelajaran bahasa Jepang di sekolah persiapan yang ada di Negara tersebut terlebih dulu selama satu tahun sebelum memulai studi. Pembaca bisa mengorek lebih detail terkait informasi beasiswa MEXT pada laman MEXT atau Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Sumber : Detik.com , Yesstudyabroad.com

gambar : https://yesstudyabroad.com/blog/wp-content/uploads/sites/2/2021/05/advthumb.jpeg

Farida Dewi Nur`aini                 
216 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.