Trending

Gusti Salma Assyifa Balela                 
73 0 0
Kedokteran December 29 7 Min Read

Self Harm, Bagaimana Mengatasinya?




Kita pasti sudah sering mendengar tentang self harm. Apalagi di zaman sekarang istilah tersebut sering digunakan oleh generasi-generasi milenial. Tapi, banyak juga yang belum terlalu mengetahui tentang self harm ini. Jadi self harm itu sebenarnya apa sih?

 

Self harm merupakan segala tindakan yang dilakukan dengan sengaja untuk menimbulkan rasa sakit dan kerusakan pada tubuh sendiri, melalui luka, luka bakar, dan pukulan. Contohnya yang paling sering terjadi, yaitu menyayat kulit menggunakan benda tajam. Hal ini bertujuan untuk meluapkan emosi negatif dalam dirinya.

Perilaku self harm ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Karena merasa bahwa rasa sakit yang ditimbulkan dari self harm ini dapat menggantikan rasa sakit yang dirasakannya secara emosional. Perilaku self harm ini juga membuat kecanduan, karena secara tidak langsung perilaku ini memberikan dampak yang buruk terhadap diri sendiri. Hal ini membuat kita merasa bersalah kepada diri sendiri karena melihat tubuh yang penuh dengan luka, bahkan bisa membuat kita membenci diri sendiri. Dampak negatif ini yang akan terus mendorong kita untuk melakukan perilaku self harm lagi.

 

Penyebab Self Harm

Secara umum, perilaku self harm ini terjadi karena ketidaktahuan diri dalam mengatasi rasa emosi negatif, kurang pemahaman tentang emosi yang dirasakan, serta kesulitan dalam mengekspresikan emosinya sendiri. Self harm  ini juga dijadikan alasan untuk menghukum diri sendiri, karena tidak dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam hidupnya. Kebanyakan orang yang melakukan perilaku self harm ini untuk mengatasi perasaan yang sangat sulit dikelola, pikiran-pikiran yang sangat mengganggu atau terdapat memori tentang peristiwa di masa lalu yang menyakitkan.

Beberapa alasan lainnya seseorang melakukan perilaku self harm adalah karena memendam perasaan negatif yang terlalu lama, mencari perhatian, tidak mendapat dukungan dari orang-orang sekitarnya, memiliki pengalaman traumatis di masa lalu, atau karena mempunyai masalah kesehatan mental, seperti depresi, bipolar, hingga psikoasis.

 

Cara Mengatasi

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perilaku self harm ini adalah :

  1. Mencari Bantuan

Mencoba untuk membicarakan atau menyampaikan kondisi dan perasaan yang sedang dialami kepada orang-orang terdekat dan terpercaya. Dengan menyampaikan perasaan secara langsung dapat membantu mengurangi keinginan untuk melakukan perilaku self harm tersebut dan membantu orang-orang terdekat lebih memahami emosi yang dirasakan.

 

  1. Lebih Mengenali Diri Sendiri

Dengan belajar lebih mengenali dan memahami diri sendiri, membuat kamu lebih bisa memahami apa yang diri kamu inginkan dan rasakan saat itu. Serta mengenali situasi dan kondisi yang dapat memicu kamu unutuk melakukan perilaku self harm.

 

  1. Mengekspresikan Emosi

Jika sedang merasakan emosi, luapkan saja semuanya. Bisa menangis, teriak, atau hal lain yang dapat melampiaskan emosi dan perasaan kamu. Karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa menangis lebih bisa membuat seseorang merasa tenang daripada obat anti-depresan. Maka dari itu banyak psikolog yang menganjurkan untuk menangis saat sedang stres. Bisa juga dengan berolahraga pelepas emosi seperti boxing atau tinju, jogging, atau basket. Tapi, tetap diingat jangan sampai melampiaskan emosi yang dapat melukai dan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

 

  1. Mendapatkan Bantuan Profesional

Jika segala cara telah dilakukan untuk mengurangi perilaku self harm ini, tetapi kamu masih merasa kesulitan, segeralah untuk berkonsultasi kepada para ahli. Kamu bisa mengikuti sesi konseling dengan dokter kejiwaan atau psikiater.

 

Luangkan sedikit waktumu untuk lebih mengenal dan memahami diri sendiri dan menjaga kesehatan mental kamu, agar dapat terus berkembang dengan baik. Untuk kalian yang sedang berjuang melawan self harm ini, tetap semangat yaa.

Gusti Salma Assyifa Balela                 
73 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.