Opini Akademisi July 30 5 Min Read

Hal-Hal Yang Bisa Kamu Persiapkan Sebagai Mahasiswa Baru




Tahun ajaran baru bagi mahasiswa telah dimulai. Tentunya banyak dari kita yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di universitas setelah lulus dari bangku SMA. Kuliah memang menjadi pilihan yang banyak diminati oleh lulusan SMA, pasalnya gelar yang diperoleh setelah 4 tahun belajar di perguruan tinggi akan memudahkan seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan selain mendalami sebuah ilmu pengetahuan. Akan tetapi, bagi kamu yang baru mengenal atau akan mengenal dunia perkuliahan, kamu perlu menyiapkan beberapa hal untuk menjalani kehidupan baru dengan status mahasiswa, apa saja yang bisa kamu persiapkan. Akan dibahas sebagai berikut:

 

Mulai Mengenali Program Studi Kamu Dengan Membaca Buku Pengantar

Sebagai mahasiswa baru yang pertama kali menduduki bangku kuliah, kamu perlu mengenali jurusan apa yang kamu ambil, kamu bisa menggali sumber dari internet atau membaca buku-buku pengantar. Memang hal ini akan kamu pelajari ketika di kelas, akan tetapi pembelajaran di perkuliahan berbeda dengan di sekolah. Perkuliahan menuntut mahasiswa untuk selalu aktif belajar, dan hal ini juga berarti membaca hal-hal terkait studi yang sedang kamu jalani. Kadang kala dosen hanya menerangkan sebagian materi, dan sebagian lain menjadi hal yang harus kamu cari sendiri.

Selain itu dengan penguasaan materi yang lebih dini, kamu akan memiliki banyak pertanyaan yang bisa kamu ajukan ke dosenmu sehingga pengetahuanmu semakin mendalam, pastinya kamu juga akan dinilai sebagai mahasiswa yang aktif bukan hanya oleh dosen, tetapi juga teman-teman kamu sesama mahasiswa. Pembelajaran di perkuliahan lebih menekankan pada sitem diskusi kelas, jadi kamu harus mempelajari suatu materi perkuliahan dan membawakan materi itu kepada teman-teman kamu, pembelajaran dengan cara diskusi ini akan menciptakan lingkungan akademis yang aktif dan mandiri. Kamu sebagai mahasiswa baru harus siap menghadapi hal tersebut.

 

Pelajari Organisasi-organisasi yang Ingin Kamu Ikuti

Mahasiswa sangat lekat dengan kegiatan berorganisasi, berorganisasi akan mengajarkan kamu tentang struktur dan pengelolaan kelompok serta kegiatannya, berfikir kritis, pencapaian tujuan bersama, serta tanggung jawab. Mengikuti organisasi akan memberikan banyak hal yang positif bagi kamu, kamu akan mendapat banyak relasi, pengalaman baru, serta keterampilan-keterampilan yang bisa kamu kembangkan.

Akan tetapi setiap organisasi memiliki fokus dan tujuannya masing-masing. Ada organisasi yang fokus pada gerakan mahasiswa, politik, dan sosial. Kamu perlu mengenalii dan memahami seluk beluk organisasi yang ada sebelum kamu mendaftarkan diri menjadi anggota. Hal ini dimaksudkan agar kamu mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari organisasi tersebut dan dapat kamu aplikasikan ilmunya untuk kegiatan kamu.

 

Pelajari Kegiatan-Kegiatan Kemahasiswaan Sesuai Minat dan Potensi

Selain organisasi, kampus biasa menyediakan kelompok kegiatan-kegiatan mahasiswa. Mulai dari bidang seni, olahraga, hingga bidang intelektual. Kegiatan ini juga akan memberikan kamu manfaat seperti mengikuti organisasi, dan kamu bisa mencoba mengikuti kegiatan kemahasiswaan tersebut. Sama dengan yang di atas, kamu harus mengenali kegiatan-kegiatan kemahasiswaan ini, tentukan kegiatan yang ingin kamu ikuti sesuai dengan minat atau bakat kamu, sehingga kamu bisa meningkatkan potensi yang kamu miliki.

 

Persiapkan Skill-Skill Dunia Kerja

Hal ini tidak kalah pentingnya. Setelah kamu selesai menempuh pendidikan di perkuliahan, apa yang akan kamu lakukan? Sebagan besar pasti ingin bekerja dan memulai karir. Yang perlu disiapkan adalah skill yang mumpuni untuk terjun di dunia profesional. Kamu perlu mempelajari skill-skill yang dibutuhkan seorang profesional baik linier dengan jurusan kamu atau tidak.

Kita semua tahu bayak peruruan tinggi di indonesia yang setiap tahun meluluskan mahasiswanya. Hal tersebut akan menjadikan saingan kamu dalam proses seleksi dalam pekerjaan semakin banyak. Maka kamu harus meningkatkan kualitas diri kamu dengan cara mempelajari skill-skill baru, apalagi kita telah memasuki era digital, di mana skill-skill dalam bidang komputer dan digital akan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di luar sana. Dengan kemampuan yang telah kamu kembangkan, kesempatanmu dalam dunia kerja akan semakin lebar terbuka.

 

Persiapkan Daftar Magang Untuk Menambah Pengalaman

Masih berhubungan dengan persiapan dunia kerja, selain mempelajari skill, kamu perlu mengikuti magang untuk menambah pengalaman dunia kerjamu. Pengalaman menjadi hal yang sangat dipertimbangkan perusahaan untuk merekrut anggota baru. Magang akan memberikanmu keterampilan profesional, serta pemahaman akan lingkungan kerja yang profesional. Kamu tidak perlu menunggu program magang yang dibuka oleh kampusmu, kamu bisa memanfaatkan waktu yang kamu miliki atau masa liburan kamu untuk mengambil program magang.

 

Kembangkan Kemampuan Dengan Mengikuti Kursus

Salah satu cara untuk mengembankan kemampuan kamu adalah dengan mengikuti program-program kursus. Misalnya seperti kursus bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris akan sangat kamu butuhkan di perkuliahan, misalnya seperti mencari referensi untuk tugas kuliah, beberapa buku yang ada hanya menyediakan versi internasional yang menggunakan bahasa Inggris, dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, kamu akan mudah membaca buku-buku tersebut. Selain hal tersebut, kemampuan bahasa Inggris juga bisa menjadi modal kamu dalam melanjutkan pendidikan kamu ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri misalnya. Kuliah di luar negeri dengan beasiswa atau non beasiswa mewajibkan kamu menyertakan bukti penguasaan bahasa Inggris dengan sertifikat TOEFL atau IELTS. Dengan kemapuan bahasa Inggris yang mumpuni, kamu akan semakin mudah mendapatkan sertifikat dengan nilai yang tinggi.

Itulah hal-hal yang bisa kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru untuk memulai kehidupan kamu dengan status mahasiswa. Mahasiswa adalah orang-orang terpilih dengan intelektualitas serta semangat muda yang membara. Jadi jangan biarkan kehidupan mahasiswamu sia-sia karena kamu menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak membuatmu berkembang. Jadi manfaatkan waktu, usia, serta kesempatan yang kamu miliki untuk meningkatkan kualitas dirimu sebaik mungkin.

Adi Prastyo                 
95 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.