Opini Akademisi July 27 10 Min Read

Akuntansi Metode 'Pincukan' Studi fenomonologi pada penjual bunga Sekar Wangi




UKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UKM hanya menguntungkan pihak - pihak tertentu saja, UKM memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Saat ini, UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan negara. Melihat perkembangan UKM saat ini banyak kita ketahui bahwa harga jual suatu produk perlu ditetapkan, dimaksudkan untuk pencapaian laba. Dalam menentukan, perusahaan harus memperhatikan faktor - faktor yang mempengaruhinya. Faktor - faktor tersebut berasal dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan, yaitu persaingan, permintaan dan penawaran, biaya, keadaan ekonomi dan lain - lain. Penetapan harga tidak didasarkan pada perkiraan saja, tetapi dengan perhitungan yang akurat dan teliti. Harga jual harus menutupi semua biaya yang dikeluarkan dan harus dapat menghasilkan laba yang diinginkan.

Harga jual suatu produk mempengaruhi posisi persaingan pasar, yang selanjutnya akan mempengaruhi volume produksi. Dapat dikatakan bahwa harga jual mempengaruhi besarnya pendapatan dan laba bersih perusahaan. Harga jual yang ditetapkan harus mampu menentukan semua biaya yang menghasilkan laba jangka panjang. Perhitungan harga jual tidak lepas dengan namanya perhitungan harga pokok produksi, karena  harga pokok produksi berperan sangat penting. Dengan banyaknya jenis usaha UKM tidak dipungkiri bahwa ada beberapa dari usaha tersebut yang hanya berjalan pada waktu - waktu tertentu, meskipun hari - hari biasa hanya dapat beberapa pemasukan, contohnya saja usaha bunga sekar. Usaha bunga sekar merupakan usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan. Usaha ini berjalan pada hari - hari tertentu, hal ini dikarenakan tidak setiap hari semua orang ingin “menyekar”, hanya saja pada waktu hari tertentu tersebut omset usaha ini bisa menjadi beberapa kali lipat dari hari yang biasanya.

Metode Pincukan efektif dalam menentukan perbungkus bunga, belum tentu dalam penjualan akan menggunakan metode dasar saja, keseluruhan keuntungan belum sepenuhnya metode dasar saja, sebab keuntungan belum sepenuhnya dihitung. Yang mana masih ada biaya yang belum dihitung. Hal ini karena kurangnya terinci biaya yang digunakan dalam menghitung biaya produksi. Sehingga biaya produksi yang dihasilkan sering kali tidak akurat, hal ini berimbas pada soal penetapan harga jual. Untuk menghindari terjadinya kesalahan perhitungan biaya produksi dan agar menghasilkan metode yang baik.

Rumanintya Lisaria Putri                 
98 1 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
Dedy Saputra Lubis 28 July 2022

Good!

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.