Trending

Gusti Salma Assyifa Balela                 
113 0 0
Kedokteran December 18 4 Min Read

Bawang Putih dan Covid-19




Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih bisa menyembuhkan Covid-19. Bagaimana faktanya? Apa saja manfaat dari bawang putih ini?

 

Oraganisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), dalam situsnya membantah bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk mengobati Covid-19. Belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih bisa menyembuhkan Covid-19.

Namun, bawang putih memiliki sifat antimikroba atau antibakteri alami, yaitu pada kandungan Allicin yang merupakan senyawa organosulfur. Senyawa ini dikenal akan kemampuannya melawan infeksi. Bawang putih dapat mengeluarkan kandungan Allicin ini ketika dihancurkan atau dicincang. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa kandungan Allicin ini dapat mengurangi peradangan, mencegah atau mengurangi gejala flu dan baktuk, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Banyak penelitian yang juga menyebutkan bahwa banyak manfaat lainnya dari bawang putih ini untuk kesehatan, diantaranya :

  1. Menurunkan kolesterol,
  2. Mengendalikan tekanan darah,
  3. Menyehatkan jantung,
  4. Menurunkan risiko kanker,
  5. Menjaga kesehatan otak,
  6. Mengatasi jerawat,
  7. Memperkuat tulang,
  8. Mengatasi rambut rontok.

Namun, manfaat ini dapat didapatkan secara optimal jika bawang putih dikonsumsi secara optimal.

Akan tetapi, jika mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan juga dapat memberikan efek negatif, salah satunya masalah pencernaan. Jika memiliki riwayat penyakit maag atau GERD juga harus diperhatikan untuk mengkonsumsi bawang putih ini, karena bisa menyebabkan rasa mual atau terasa panas dalam perut. Kasus lainnya, namun sangat jarang terjadi, mengkonsumsi bawang putih berlebihan bisa meningkatkan risiko pendarahan ketika menjalani operasi.

Jadi, banyaknya isu di masyarakat kalau bawang putih dapat menyembuhkan bawang putih itu tidaklah benar, tetapi bisa saja membantu dalam mengurangi gejala dari Covid-19 itu sendiri.

Gusti Salma Assyifa Balela                 
113 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.