Sains dan Teknologi March 3 4 Min Read

Vertical Garden : Menguak Sains Dibalik Pemilihan Tanaman




Lahan yang sempit dan lingkungan yang gersang merupakan permasalahan yang umum untuk masyarakat urban area. Dewasa ini, penataaan tanaman secara vertikal atau biasa disebut vertical garden menjadi populer. Vertical garden merupakan langkah yang tepat untuk mengambil untung dalam pemanfaatan ruang kosong seperti dinding atau pagar.

Beragam keuntungan dapat diperoleh dari penerapan vertical garden. Selain dapat menghemat ruang, penataannya yang cukup mudah merupakan poin plus tersendiri dari vertical garden. Penggunaan pot secara vertikal memudahkan anda untuk mengatur letak tanaman ke bidang vertikal lainnya. Disisi lain, keunikan vertical garden juga dapat menambah nilai estetika. Konsep hijau yang dihadirkan dalam vertical garden menghadirkan kesan keindahan yang menyejukkan mata. Tidak hanya memberi manfaat sebagai alternatif lahan tanam saja, fungsi lain dari vertical garden adalah sebagai penahan panas, mengurangi polusi udara, dan meningkatkan pasokan oksigen.

Terdapat dua sistem dalam pengaplikasian vertical garden, yaitu: green facades dan modular vertical garden. Sistem green facades merupakan sistem dimana dinding ditumbuhi tanaman yang merambat. Sedangkan pada modular vertical garden, digunakan tanaman yang dilengkapi wadah seperti pot atau kantong plastik dan disusun secara bertingkat. Umumnya, vertical garden menggunakan tanaman lokal yang mudah ditemui dan dirawat. Pemilihan tanaman yang tepat merupakan hal yang esensial dalam vertical garden. Banyak tanaman yang dapat diatur untuk tumbuh secara vertikal, namun tidak semua tanaman adalah pilihan yang tepat.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan air pada setiap jenis tanaman Kebutuhan air tanaman tergantung pada proses yang terjadi pada tanaman, contohnya proses penguapan atau evapotranspirasi. Evapotranspirasi merupakan penguapan pada permukaan lahan yang terdapat tanah dan tanaman di permukaan lahan tersebut. Agar tanaman vertical garden dapat tumbuh dengan baik, dibutuhkan pasokan air yang tidak berlebih maupun tidak kekurangan. Selain itu, estimasi kebutuhan air tanaman dilakukan untuk membantu upaya penghematan konsumsi air.

Penelitian mengenai perhitungan besarnya penguapan pada tanaman pot vertical garden (modular vertical garden) telah dilakukan oleh Arifin Daud, dkk (2020) pada Laboratorium Hidraulika UNSRI dengan menggunakan berbagai jenis tanaman semak dan hias seperti Iler (Plectranthus Scutellarioides), Begonia, Miana (Coleus), Akalipa Brokoli Hijau (Euodia Ridleyi Dwarf), Brokoli Kuning (Euodia Ridleyi), dan Lili Paris (Chlorophytum Comosum). Penguapan terbesar terjadi pada tanaman iler dikarenakan tanaman tersebut memiliki daun yang lebih besar dibanding tanaman lainnya. Daun tanaman Iler berbentuk bulat dan melebar dibanding tanaman lainnya seperti Akalipa Brokoli Hijau yang memiliki daun ramping, kecil dan meruncing. Selain itu, penempatan tanaman iler yang berada pada posisi atas dibanding tanaman lainnya juga disinyalir menjadi penyebab indeks penguapan yang besar. Sehingga bentuk fisik dan struktur tubuh (morfologi) serta penempatan tanaman merupakan faktor yang mempengaruhi penguapan tanaman. Faktor ini perlu diperhatikan sebagai upaya dalam perawatan vertical garden agar tanaman dapat mendapat suplai air yang tepat dan dapat tumbuh dengan baik.

Referensi : http://www.cantilever.id/index.php/cantilever/article/view/65

Sumber gambar : kompasiana.com

https://www.kompasiana.com/image/nathania25179/5fa54afa8ede480e6d54d703/artificial-vertical-garden-solusi-taman-untuk-rumah-kekinian?page=2

Nur Aini Gama Lestari                 
393 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.