Informatika December 15 4 Min Read

Dangsanak, “Unit Layanan Terpadu Online”




Dangsanak? Apa sih itu? Bahasa daerah? Iya, kata “dangsanak” sendiri diambil dari Bahasa Banjar yang berarti saudara. Tapi kenapa unit layanan terpadu online?

 

Seiring dengan perkembangan zaman, pelayanan publik di Indonesia juga turut mengalami kemajuan. Salah satunya adalah pelayanan publik secara online yang sudah banyak dilakukan lembaga maupun instansi pemerintahan. Hadirnya pelayanan publik secara online ini tentu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Masyarakat bisa dengan mudah mengurus atau mengajukan pertanyaan hanya dengan bantuan ponsel atau PC, tanpa harus datang ke kantor lembaga atau instansi bersangkutan.

 

Apa itu Pelayanan Online?

Pelayanan online adalah layanan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi internet. Layanan ini memungkinkan berbagai jenis urusan bisa selesai dengan mudah tanpa harus bertatap muka dengan petugas. Sehingga semuanya bisa berjalan dengan cepat dan praktis. Pelayanan online ini bermacam-macam, diantaranya yang berbasis aplikasi dan berbasis website.

 

Apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang, pelayanan online ini semakin banyak dilakukan. Karena pelayanan secara online ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat ataupun instansi dan lembaga terkait. Beberapa manfaatnya seperti dapat menjangkau pengguna yang lebih luas, memudahkan komunikasi dua arah, bisa diakses dari mana saja, serta dapat meminimalisir kesalahan seperti penginputan data dan sebagainya.

 

Aplikasi Dangsanak

Aplikasi Dangsanak merupakan pelayanan publik secara online yang berbasis aplikasi atau bisa disebut sebagai Unit Layanan Terpadu Online LPMP Provinsi Kalimantan Selatan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Selatan yang bertujuan agar pelayanan menjadi lebih mudah. Terdapat 4 fitur layanan dalam Aplikasi Dangsanak ini, yaitu :

  1. Layanan terpadu dengan 13 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan,
  2. Layanan terpadu dengan 3 UPT Kemendikbud di Provinsi Kalimantan Selatan,
  3. Layanan terpadu dengan BAN SM Provinsi Kalimantan Selatan, dan
  4. Layanan terpadu LPMP Provinsi Kalimantan Selatan (21 Jenis Layanan).

 

Tutorial menggunakan Aplikasi Dangsanak ini adalah :

  1. Mengunduh Aplikasi Dangsanak di Playstore atau bisa diakses melalui www.dangsanak.lpmpkalsel.com
  2. Masuk ke Aplikasi Dangsanak.
  3. Login aplikasi. Masukkan username dan password login, jika belum mempunyai akun silahkan klik daftar.
  4. Daftar akun di SIPEDAK dan silahkan isi form pendaftaran, jika sudah klik daftar. Lalu klik OK untuk masuk ke halaman aplikasi.
  5. Klik menu profil untuk mengisi biodata diri dan klik simpan.
  6. Untuk mengajukan layanan bantuan, klik menu layanan.
  7. Isi form bantuan, lalu klik simpan.
  8. Selanjutnya, silahkan ditunggu balasan atau tanggapannya.
  9. Untuk melihat balasan atau tanggapannya, klik menu history.

 

Gusti Salma Assyifa Balela                 
127 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.