Trending

Editor Generasi Peneliti                 
232 0 1
Sosial dan Bisnis October 1 5 Min Read

Inilah 6 Perusahaan Startup yang Berhasil Mendapat Investasi dari Illumina Accelerator. Salah Satunya dari Indonesia!




Illumina,Inc. merupakan perusahaan yang memimpin secara global dalam bidang teknologi sekuensing DNA dan berbasis array. Perusahaan Illumina memiliki program Illumina for Startups yang berfokus pada inovasi dalam industri genomik, bermitra dengan investor dan pengusaha modal ventura terkemuka untuk membuat, meluncurkan, dan menumbuhkan perusahaan startup bidang genomik. Inisiatif dari Illumina for Startups di antaranya adalah mendirikan Illumina Accelerator pada tahun 2014 dan mendukung Sequoia Capital China Intelligent Healthcare Genomics Incubator yang didirikan pada tahun 2021. Illumina Accelerator sendiri merupakan mesin kreasi perusahaan yang berlokasi bersama dengan lokasi penelitian dan pengembangan Illumina di San Francisco Bay Area dan  Cambridge, Inggris. Illumina Accelerator berfokus untuk membangun kemitraan dengan pengusaha dalam membangun terobosan startup bidang genomik.

Dalam program "The Fifth Global Funding Cycle of Startups Advancing Breakthrough Therapeutics, Diagnostics, Women's Health, and Sustainable Agriculture Applications” Illumina pada tanggal 14 September 2022 mengumumkan telah berinvestasi di 6 perusahaan startup genomik untuk pendanaan global siklus kelima Illumina Accelerator di San Francisco Bay Area dan Cambridge, Inggris. Enam startup tersebut adalah dari Indonesia, Irlandia, Israel, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Selain mendapat investai, ke 6 start up tersebut juga mendapat akses teknologi dan juga keahlian.

"Kami bangga menyambut 6 startup bidang genomik yang fantastis ini ke dalam portofolio Illumina Accelerator kami," tutur Amanda Cashin, salah satu pendiri dan kepala global Illumina for Startups. "Kami memiliki rekam jejak 8 tahun bermitra dengan pengusaha berbakat. Kami bangga dengan portofolio kuat Illumina Accelerator dari 74 startup genomik yang berfokus dalam membuka kekuatan genom untuk meningkatkan kesehatan manusia di seluruh dunia."

Selama 6 bulan siklus pendanaan yaitu 2 kali per tahun, Illumina Accelerator memberikan akses investasi awal, akses sistem sekuensing dan reagen Illumina, panduan bisnis, keahlian genomik, operasi penuh dalam lab yang berdekatan dengan kampus Illumina di Cambridge atau San Francisco Bay Area kepada perusahaan startup yang terpilih.

Illumina Accelerator membuka pendaftaran untuk siklus pendanaan berikutnya, pendaftaran terakhirnya adalah 1 Oktober 2022. Pendaftaran ini terbuka untuk pelamar dari seluruh dunia, Illumina Accelerator akan memilih hingga lima perusahaan untuk setiap lokasi. Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kunjungi website ini.

Berikut adalah 6 perusahaan startup terbaru yang berhasil memperoleh investasi dari Illumina Accelerator:

  1. Acrobat Genomics Inc., sebuah spinout penemuan obat dari Universitas Stanford. Perusahaan ini sedang mengembangkan jalur terapi baru dengan memanfaatkan teknologi presisi pengeditan gen high-throughput CRISPR miliknya.
  2. Dama Health Ltd. , sebuah perusahaan yang berfokus pada kesehatan wanita yang berada di London. Perusahaan ini mengembangkan skrining secara presisi dalam identifikasi jenis dan formula kontrasepsi, pemberdayaan wanita dan orang yang terlahir sebagai wanita saat lahir, dokter dalam membuat keputusan kesehatan reproduksi secara personal.
  3. Nusantics Pte. Ltd., sebuah perusahaan genomik presisi dari Indonesia. Perusahaan ini mengembangkan dan mengkomersialkan alat diagnostik terkait mikrobioma yang dirancang untuk populasi Indonesia dan Asia yang sangat beragam.
  4. Pandora Biosciences Inc., sebuah perusahaan ilmu saraf dari Afrika Selatan. Perusahaan ini sedang mengembangkan model penyakit berbasis organoid yang beragam secara genetik dan fisiologis untuk memajukan penemuan dan pengembangan obat penyakit saraf yang kompleks secara genetik.
  5. Terrapeutics Pharma Ltd., sebuah perusahaan penemuan obat yang berbasis di Yerusalem. Perusahaan ini sedang menangani target obat yang "tidak mempan terhadap obat" dengan menawarkan pendekatan baru untuk menemukan molekul terapeutik kecil baru dari tanah, berdasarkan kecerdasan alam.
  6. Viridian Seeds Inc., sebuah perusahaan bioteknologi pertanian dari Cambridge, Inggris, dan Galway, Irlandia. Perusahaan ini mengkomersialkan tanaman dengan protein berkelanjutan generasi selanjutnya dengan sifat-sifat baru untuk meningkatkan kualitas hasil dan mengurangi toleransi stress biotik dan abiotik, sekaligus meningkatkan kandungan protein dan nutrisi tanaman untuk mitigasi perubahan iklim, ketangguhan, dan ketahanan pangan.

 

Sumber : Illuumina.com

Editor Generasi Peneliti                 
232 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.