Trending

Nur Anisah Br Surbakti                 
101 0 0
Biologi December 30 5 Min Read

Mengenal Tanaman Fosil Hidup Sang Penyelamat Penderita Demensia




Ginkgo biloba L. atau dikenal dengan sebutan ginkgo, gingko, pohon rambut gadis, atau pohon rambut perawan dan juga pohon fosil hidup adalah  satu-satunya sisa spesies dari divisi Ginkgophyta yang masih hidup hingga saat ini. Berdasarkan sejarah, pohon ini diketahui berasal dari China, Jepang, ataupun Korea karena banyak ditemukan di negara-negara dengan empat musim tersebut.

Pohon ini memiliki ciri khas berupa umur yang panjang, seperti yang pernah ditemukan, yakni berusia 270 tahun. Pohon ini dipercaya dapat hidup lebih dari 1000 tahun lamanya.  Selain itu, bentuk daunnya sangatlah unik menyerupai kipas yang nantinya akan menguning dan rontok dengan sendirinya jika sudah tua. Karakteristik lainnya adalah tinggi pohonnya yang dapat mencapai 40 meter.

Ginkgo ini terkenal sebagai suplemen herbal dengan segudang manfaat, salah satunya adalah membantu para penderita demensia. Penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat beserta cara berpikir. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya kandungan anti-oksidan di dalam biji ginkgo yang berkompeten dalam  meningkatkan fungsi sistem syaraf dan sel-sel otak, selain menurunkan viskositas darah dan melancarkan aliran darah khususnya pada sistem syaraf dan sel-sel otak.

Para peneliti percaya bahwa ginkgo dapat meningkatkan fungsu kognitif otak karena sirkulasi darah yang meningkat pula di dalam otak serta melindungi bagian otak lainnya dari kerusakan syaraf. Selain itu, bila dikonsumsi bersama dengan antipsikotik, tanaman ginkgo ini dapat membanti pengobatan skizofrenia dan gangguan mental lainnya. Namun, tetap dengan pengawasan dokter serta dosis yang tepat.

 

Nur Anisah Br Surbakti                 
101 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.