Trending

Gusti Salma Assyifa Balela                 
92 0 0
Informatika December 20 4 Min Read

Teknologi Digital dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi




TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. TIK menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital membawa hal baru, yaitu revolusi komunikasi. Mengapa? Karena pada perkembangan teknologi digital ini yang paling pesat adalah perkembangan dalam bidang komunikasi. Penemuan-penemuan seperti telepon, scanner, televisi, internet, dan email membantu menciptakan hubungan komunikasi yang lebih mudah.

Komunikasi digital banyak membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya adalah kemampuan komputer dan ponsel yang semakin canggih. Teknologi digital saat ini sangat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, contohnya saja di dunia pendidikan yang melaksanakan pembelajaran e-learning dan dalam bidang perbankan yang terdapat fitur-fitur layanan seperti e-banking, sms banking, ataupun mobile banking.

Pada pembelajaran berbasis e-learning, terdapat kelebihan-kelebihan yang didapatkan, yaitu :

  1. Pembelajaran dapat diakses kapan saja dan di mana saja, asalkan mempunyai akses internet.
  2. Dapat memilih materi pembelajaran yang ingin dipelajari sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Fleksibilitas dalam bergabung dan fasilitas diskusi secara langsung tanpa khawatir masalah jarak dan waktu.
  4. Mendukung pengembangan keterampilan TIK dalam dunia pendidikan.
  5. Menumbuhkan kemampuan untuk belajar mandiri.

Sedangkan dalam bidang perbankan, teknologi digital ini dimanfaatkan sebagai berikut.

  1. Dapat memeriksa saldo, membayar tagihan, bahkan mentransfer uang hanya dengan menggunakan sms banking mauapun e-banking.
  2. Adanya mesin teller otomatis atau lebih sering dikenal dengan sebutan ATM. Perangkat ini sangat bermanfaat bagi nasabah yang ingin menarik uang tunai tanpa harus datang ke bank.

Teknologi digital telah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dimana keberadaannya berperan sebagai media atau alat bantu aktivitas di berbagai bidang seperti dalam bidang penelitian, pendidikan, bisnis, sosial, dan lain sebagainya.

Gusti Salma Assyifa Balela                 
92 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.