Trending

Farida Dewi Nur`aini                 
164 0 0
Sosial dan Bisnis September 8 9 Min Read

Ini Profil Abdullah Azwar Anas. Menteri  PAN-RB Baru yang Religius dan Merupakan Mahasiswa Berprestasi UI




Abdullah Azwar Anas baru saja dilantik menjadi Menteri PAN-RB oleh Presiden Jokowi . Tahukah Anda bahwa beliau pernah menjadi salah satu mahasiswa berprestasi Universitas Indonesia (UI). Pria yang memiliki sapaan Anas ini lahir di Banyuwangi, 06 Agustus 1973, Jawa Timur. Beliau menempuh pendidikan SD/MI sampai dengan tamat SMA di Jawa Timur. Baru saat kuliah, beliau hijrah ke Jakarta.

Berdasarkan informasi yang terdapat pada laman resmi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Anas merupakan santri pesantren sejak duduk di MI sampai dengan bangku SMA.  Beliau merupakan anak kedua dari sebelas bersaudara, Ayahnya adalah KH. Muhammad Musayyidi dan Ibunya adalah Siti Aisyah.

Setelah lulus SMA, Anas hijrah ke Jakarta untuk menepuh pendidikan S1 di Fakultas Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan lulus pada 1998. Beliau juga kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) untuk jenjang S1 dan berhasil lulus pada tahun 1999. Lalu Anas melanjutkan studi S2 nya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI.

Selama menjadi mahasiswa UI, Anas pernah meraih Penghargaan Rektor Universitas Indonesia sebagai Mahasiswa Berprestasi Tahun 1995. Anas berpendapat bahwa pendidikan formal saja tidaklah cukup. Ia mengatakan bahwa berorganisasi itu juga tidak kalah penting.

Dikutip dari laman UI, Anas menyarankan untuk mengasah diri selama menjadi mahasiswa sebelum nantinya menghadapi dunia nyata di pekerjaan. Hal ini disampaikan ketika diundang sebagai pembicara di UI. Berbekal pengalaman mengikuti organisasi inilah, Anas bisa menghadapi berbagai masalah serta mengerti bagaimana mengambil keputusan serta mengevaluasi keputusannya tersebut.  Menurutnya hal tersebut mampu mengasah karakter kita.

Dikutip dari IPNU, Anas dulunya bercita-cita sebagai guru agama. Beliau tidak pernah berpikir akan terjun ke dunia politik. Namun pria yang terbiasa dengan budaya hidup religius karena tumbuh dari keluarga santri tersebut kini justru terjun ke dunia politik.

Berawal dari saat beliau pernah menjadi anggota MPR dari utusan Golongan pada 1997. Beliau juga menjadi anggota DPR RI pada periode 2004 hingga 2009. Lalu beliau melanjutkan karir politiknya pada 2010 dengan menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode sampai dengan tahun 2021. Anas menjabat sebagai Kepala LKPP dari Januari 2022 sampai 7 September 2022. Dan kini beliau menjabat sebagai Menteri PAN-RB setelah dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (7/8).

 

Sumber : ipnu.or.id

Sumber Gambar : liputan6.com

Farida Dewi Nur`aini                 
164 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.