Opini Akademisi May 22 4 Min Read

Begini Profil Prof. Widodo yang Behasil Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Periode 2022-2027




Setelah melewati serangkaian proses pemilihan rektor UB (Universitas Brawijaya) yang digelar mulai dari bulan Maret 2022 sampai dengan 21 Mei 2022 kemarin, akhirnya Prof. Widodo berhasil terpilih menjadi Rektor UB Periode 2022-2027.

Keputusan tersebut dihasilkan melalui Sidang Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) yang diselenggarakan di Gedung Rektorat UB lantai 6 pada Sabtu (21/5/2022) kemarin. Terdapat 17 anggota MWA yang hadir dan diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

JIka melihat profil Prof. Widodo tentunya beliau bukanlah orang sembarangan, berikut profil singkat beliau :

Prof. Widodo Merupakan Alumni Universitas Brawijaya

Prof. Widodo tercatat menempuh pendidikan S1 di UB Jurusan Biologi tahun 1992-1998. Fokus penelitian beliau semasa S1 adalah biologi sel. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung tahun 1998-2001. Selanjutnya Prof. Widodo melanjutkan pendidikannya di bidang biologi molekuler ke Negeri Sakura, yaitu di University of Tsukuba.

Sosok Dosen yang Berprestasi

Berikut beberapa prestasi yang diperoleh oleh Prof. Widodo:

  • Dosen Berprestasi UB pada tahun 2015,
  • Best Citation Award tahun 2014,
  • Young Scientist dari Kalbe-Ristek pada 2012,
  • Best Original Paper Award dari Nestle Nutrition Council Japan pada 2007, dan lain sebagainya.

Selama mengabdi di UB, Prof. Widodo pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Biologi, KKJF Penelitian LPPM UB, kepala LSIH UB, dan anggota Tim PPKID.

Aktif dalam Penelitian

Prof. Widodo yang lahir pada 11 Agustus 1973 tersebut telah mengajar di UB sejak tahun 2000 lalu. Beliau tercatat aktif dalam melakukan penelitian. Salah satunya, yang dilakukan pada tahun 2020-2022 dengan judul Pengembangan Virus Like Particle (VLP) COVID-19 sebagai Kandidat Vaksin. Penelitian ini didukung oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Belia juga aktif melakukan presentasi pada beberapa konferensi ilmiah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satunya di Amsterdam, Belanda pada 2018 lalu melalui The 25th Biennial Congress of the European Association for Cancer Research.

Setelah terpilih menjadi rektor UB, dalam sambutannya Prof. Widodo mengatakan bahwa semua proses pemilihan dilakukan dengan transparanis sangat baik.

Beliau berharap seluruh civitas akademika UB saling bekerja sama dan meneruskan program-program yang dirintis rektor sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S., serta renstra yang telah ditentukan oleh MWA.

“Kami berharap teman-teman civitas akademika ke depan bisa saling kerja sama agar UB bisa menjadi lebih baik. Meneruskan program-program yang dirintis pak rektor dan program Renstra MWA,” kata Prof. Widodo.

 

 

Sumber : detik.com; aboutmalang.com

Sumber gambar : prasetya.ub.ac.id

Farida Dewi Nur`aini                 
95 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.