Opini Akademisi September 13 3 Min Read

Kapan Pertama Kali Hacker Muncul?




Indonesia sedang heboh dengan kemunculan hacker yang berhasil meretas data pribadi beberapa pejabat pemerintahan. Istilah “hacker” tersebut menjadi banyak dibicarakan. Tahukah Anda apa sebenarnya makna dari hacker dan kapan pertama kali muncul?

Kata hacker secara bahasa diartikan  sebagai seseorang yang melakukan peretasan. Sedangkan secara istilah diartikan sebagai seseorang yang tanpa ijin meretas sistem komputer orang lain untuk mencari informasi dan melakukan sesuatu hal secara ilegal.

Beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa hacker pertama kali muncul pada tahun 1959. Aksi peretasan tersebut pertama kali dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT). Mahasiswa tersebut adalah anggota dari organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial MIT. Mereka juga merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer yang  berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. Pada awal kemunculannya, peran para hacker tersebut memiliki konotasi positif.

Namun pada tahun 1980 an, istilah hacker berubah memiliki konotasi negatif, salah satu alasannya yaitu saat FBI berhasil menangkap kelompok kriminal komputer yang bernama The 414s. Kelompok hacker tersebut berbasis di Milwaukee US dan 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok tersebut dinyatakan bersalah karena telah membobol 60 buah komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering dan juga komputer Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Sampai saat ini banyak organisasi hacker yang terkenal di dunia. Di antaranya terdapat 5 kelompok hacker yang dikenal paling berbahaya yaitu Anonymous, Milw0rm, Master of Deception, LulzSec, dan NCPH (Network Crack Program Hacker Group).

Sumber : dictionary.cambridge.org

Sumber gambar : Google Image

Farida Dewi Nur`aini                 
75 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.