Opini Akademisi February 27 5 Min Read

Indonesia Sehat Dengan Herbal




Kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup yang harus dipertahankan. Dalam mencapai kesehatan diperlukan upaya untuk peningkatan kesehatan dimana upaya kesehatan sendiri adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan. Dalam rangka menuju Indonesia Emas tahun 2045, upaya peningkatan kesehatan adalah salah satu hal yang perlu ditingkatkan oleh pemerintah untuk menuju Indonesia Sehat pada tahun 2045. Rencana pembangunan jangka panjang yang diupayakan pemerintah Kesehatan RI merupakan upaya yang menuntut masyarakat berperilaku yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatan kesehatan serta mencegah resiko terjadinya penyakit. Derajat kesehatan merupakan salah satu unsur penting dalam upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) bangsa Indonesia, yang tidak hanya ditentukan oleh pelayanan kesehatan, tetapi juga ditetukan oleh kondisi lingkungan dan perilaku kesehatan.

Pandemi Covid-19 di Indonesia merupakan pandemi yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Kasus positif Covid-19 yang meningkat setiap harinya membuat pemerintah semakin menegaskan kepada masyarakat dalam penerapan hidup sehat di masyarakat. Semakin rendah kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan akan semakin meningkatkan dampak buruk bagi sosial, perekonomian dan pendidikan di Indonesia. Penanganan pandemi Covid-19 perlu dilakukan secara sinergis dan bergotong royong agar pandemi ini segera berakhir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan imunitas, selalu menggunakan masker, menjauhi kerumunan, rajin mencuci tangan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sistem kekebalan tubuh sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan jasmani seseorang.

Bicara tentang peningkatan daya tahan tubuh (sistem imun) Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbaik didunia yang dapat digunakan sebagai peningkatan imunitas tubuh. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia penghasil rempah, memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional. Salah satu contoh yang telah banyak digunakan adalah jahe, kunyit, sereh, bawang putih, ketumbar, meniran dan masih banyak lagi. Sebagian tanaman mengandung ratusan jenis senyawa kimia yang sudah diketahui jenis dan khasiatnya ataupun yang belum diketahui. Usaha pencarian tanaman yang mampu meningkatan sistem imun atau mampu sebagai imunomodulator diawali dengan penggunaan tanaman tersebut secara empiris. Untuk tanaman yang dapat digunakan sebagai imunomodulator biasanya mengandung senyawa metabolit sekunder golongan flavonoid, kurkumin, limonoid, Vitamin C, Vitamin E (Tekoferol) dan Katekin.

Beberapa tanaman yang berfungsi sebagai imunomodulator (peningkat sistem imun) adalah :

  1. Mengkudu (Morinda citrifolis L.)

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kerusakan yang ada pada sel (mampu menghambat pertumbuhan sel kanker). Kandungan xeronin dan proxeronin dalam mengkudu mampu meningkatkan sistem imun.

Cara pengolahan : Buah mengkudu diblender diolah menjadi jus dan diminum.

  1. Jahe ( Zingiber officinale Rosc.)

Kandungan gingerol, shogaol, dan gingeron pada jahe mampu sebagai antioksidan yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang direfleksikan dalam sistem kekebalan yaitu memberikan respon kekebalan terhadap mikroba pangan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Meniran (Phyllanthus ninuri L.)

Meniran secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi saluran kencing, sakit perut, sakit gigi, demam, batu ginjal, diuretik, diabetes dan desentri. Secara tradisional digunakan hanya dengan merebus daun meniran kemudian dikonsumsi.

  1. Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius)

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan kandungan 2-acetyl-pryyoline (2-AP) dalam daun pandan berperan dalam penangkalan radikal bebas sehingga mampu meningkatkan sistem imun.

  1. Kayu manis (Cinnamomum verum)

Kandungan  kadar trans-senamaldehid yang terdapat dalam kayu manis berperan dalam penangkalan radikal bebas sehingga mampu meningkatkan sistem imun.

 

Peningkatan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan tanaman herbal sebagai solusi yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah salah satu upaya gotong royong bersama untuk meningkatkan kesehatan. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan kesehatan maka semakin cepat pula tercapainya Indonesia Sehat. Tahun 2045 adalah tahun dimana Indonesia mampu menjadi bangsa dengan yang sehat dan masyarakat yang produktif.

Mari bekerjasama memanfaatkan tanaman hasil produksi Indonesia Menuju Indonesia Sehat.

 

VERA ESTEFANIA KABAN                 
497 3 6
Bagikan ini ke sosial media anda

(3) Komentar

Image
apt. Nasri, S.Farm., M.Farm. 28 February 2022

Herbal di Indonesia sangat banyak dengan ragam manfaat. ๐Ÿ‘๐Ÿป

Bagikan   

Image
Citra syahriani 28 February 2022

Tingkatkan penggunaan herbal sederhana, mudah dan tidak menguras biaya.

Bagikan   

Image
1 March 2022

Herbal Indonesia sangat banyak manfaat.

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.