Ilmu sosial December 13 3 Min Read

KIAT BILL GATES UNTUK BEKERJA DARI RUMAH




Saat para pekerja tampaknya akan kembali ke kantor, kemunculan varian Omicron berarti bekerja dari rumah sekali lagi menjadi prospek bagi banyak orang. Namun bagi mereka yang merindukan lingkungan kantor, Bill Gates mungkin punya solusinya.

Saat varian baru menyebar, perusahaan mulai mendorong kembali pengembalian kantor mereka. Di beberapa negara, seperti Inggris, orang-orang telah disarankan oleh pemerintah untuk bekerja dari jarak jauh di mana pun mereka bisa.

Salah satu keluhan paling umum oleh para pemimpin perusahaan dan pekerja tentang peralihan ke kerja jarak jauh adalah dampaknya terhadap kolaborasi karyawan. Beberapa berpendapat bahwa tanpa kesempatan untuk berbalik dan berbicara dengan orang yang duduk di sebelah mereka, ide dan kreativitas dapat terganggu, staf yang lebih muda juga kehilangan kesempatan untuk belajar.

Sekarang Gates telah menyarankan solusi: miliki perangkat kedua dan atur untuk tetap terhubung secara langsung dengan semua rekan kerja di mana pun mereka berada.

Dalam blog tahunannya, yang diposting minggu lalu, pendiri Microsoft ini memberikan tantangan bekerja di rumah dan bagaimana pandemi telah mengganggu pekerjaan.

Gates menulis bahwa spontanitas adalah hal terbesar yang hilang dari pekerja ketika mereka tidak di kantor, dan interaksi spontan berhenti ketika banyak dari kita mulai bekerja dari rumah.

"Anda tidak akan melakukan percakapan yang tidak direncanakan dengan seorang rekan tentang pertemuan terakhir Anda di ruang tamu Anda," tulisnya.

Dia mengatakan dia tertarik pada bagaimana teknologi dapat "menciptakan lebih banyak" spontanitas dan bahwa ada inovasi potensial untuk mereplikasinya di rumah.

Gates mengatakan bahwa jika orang memiliki perangkat kedua yang murah, serta tempat fisik untuk itu, para pekerja dapat terhubung dengan semua kolega mereka yang duduk di rumah mereka sambil bekerja.

"Anda bisa melihat layar untuk melihat apa yang dilakukan semua orang, kecuali ketika seseorang menginginkan privasi dan mematikan kamera," tulis Gates.

"Ketika seseorang sepertinya bebas berbicara, Anda cukup mengklik video mereka, memperbesar, dan mulai mengobrol," katanya.

Gates mengatakan bahwa ini tidak jauh berbeda dari cara kerja kolaborasi saat ini, dan kami memiliki bandwidth dan perangkat lunak untuk melakukannya sekarang.

Solusinya mungkin tidak cocok untuk semua orang. Beberapa pekerja jarak jauh mengatakan bahwa panggilan video yang berlebihan melelahkan. Sebuah makalah Stanford tentang fenomena "zoom-fatigue" berspekulasi bahwa terus-menerus melihat wajah mereka sendiri terpantul kembali pada mereka bisa menjadi salah satu alasannya.

 

Nick Bloom, profesor Stanford lainnya yang telah mempelajari pekerjaan jarak jauh selama pandemi, mengatakan bahwa jika tim ingin berkolaborasi, mereka lebih baik mengatur banyak orang, daripada panggilan grup.

Gates menggunakan blog tahunannya yang diawasi ketat untuk merangkum tahun sebelumnya dan membagikan prediksinya untuk masa depan.

Tahun ini dia memperkirakan bahwa pertemuan virtual dapat berpindah ke metaverse dalam dua hingga tiga tahun, dan mengatakan bahwa Microsoft sedang dalam proses mengembangkan teknologi berbasis avatar.

Ia menambahkan bahwa tahun 2021 merupakan tahun yang "paling tidak biasa dan sulit" dalam hidupnya, akibat pandemi Covid-19 dan perpisahan dengan istrinya yang sudah 27 tahun, Melinda Gates. Dia optimis untuk 2022, bagaimanapun, mengungkapkan bahwa dia berpikir bahwa "fase akut" pandemi Covid-19 akan berakhir di beberapa titik sepanjang tahun.

Alternatif untuk memiliki perangkat kedua bagi para karyawan yang bekerja di rumah mungkin lebih cocok dilakukan bagi mereka yang memiliki tipe pekerjaan tim yang memaksa mereka untuk selalu terhubung dengan timnya untuk dapat menyelesaikan pekerjaan bersama sesuai dengan kesepakatan tim.

Memiliki perangkat kedua yang selalu terhubung dengan rekan kerja lainnya ini juga memiliki risiko lain. Pastikan anda memiliki sudut pengambilan video yang tidak mencolok, yang tidak dilewati oleh orang banyak, yang tidak memiliki latar belakang properti penting anda di rumah atau koleksi berharga di rumah, dan pastikan tidak diganggu dan mengganggu anggota keluarga lainnya. Karena kita tidak tahu bahwa mungkin saja akan ada oknum kejahatan virtual yang sedang bekerja di luar sana membajak rekaman video kita yang dapat mengetahui posisi dan kondisi kita sehingga bisa merencakan kejahatan lebih lanjut di kemudian hari.

Semoga Covid-19 segera berlalu.

 

Sumber: MSN

Febby Fortinella                 
120 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.