Trending

Febby Fortinella                 
175 0 0
Kedokteran January 1 3 Min Read

Jika Anda Menemukan Ini di Sekitar Mulut Anda, Periksakan Penyakit Parkinson




Penyakit Parkinson adalah gangguan gerakan progresif yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Meskipun kondisi ini biasanya dikaitkan dengan tremor, kekakuan, dan kehilangan keseimbangan, ciri-ciri tersebut seringkali dapat disertai dengan berbagai gejala mengejutkan lainnya. Faktanya, para ahli memperingatkan bahwa ada satu gejala yang sedikit diketahui terkait dengan Parkinson yang mungkin bisa Anda temukan di sekitar mulut Anda. Para ahli mengatakan bahwa meskipun hampir tidak dianggap ciri utama, sepertiga dari mereka yang menderita Parkinson mengalami fenomena aneh ini.

Gerakan Mulut atau Rahang yang Tidak Disengaja

Menurut Michael J. Fox Foundation, jika Anda mengalami gerakan yang tidak terkendali di mulut atau rahang, bisa jadi itu adalah gejala penyakit Parkinson. Kondisi ini dikenal di kalangan Profesional medis sebagai distonia oromandibular, atau Sindrom Meige. Jenis distonia ini mempengaruhi otot-otot wajah dan rahang bawah yang menyebabkan pembukaan, penutupan, atau penyimpangan rahang yang tidak disengaja. Lidah juga mungkin termasuk.

Meskipun gejalanya sering dimulai dengan kedutan kecil atau sesak di rahang atau wajah, hal itu dapat berkembang menjadi kontraksi yang lebih serius dan berkepanjangan yang dapat menyebabkan kesulitan berbicara dan mengunyah seiring waktu.

Parkinson menyebabkan kerusakan sel saraf di otak, memicu gejala pada sepertiga pasien Parkinson. Para ahli percaya distonia dihasilkan dari sinyal berlebihan yang muncul dari otak yang menyebabkan otot berkontraksi secara tidak tepat. Namun, alasan pasti mengapa otak mengirimkan sinyal berlebihan ini tidak sepenuhnya dipahami.

Dystonia Terkadang Mempengaruhi Area Tubuh Lainnya

Meskipun distonia oromandibular secara khusus berhubungan dengan wajah, rahang, dan lidah, ada beberapa jenis distonia lain yang dapat dikaitkan dengan Parkinson dan dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh. Jenis lain ini dapat mempengaruhi leher dan kepala (distonia serviks), tungkai, kaki, lengan, dan tangan (distonia lengan), pita suara (distonia tenggorokan), atau mata (blepharospasm).

Segera pergi ke dokter jika Anda melihat gerakan yang tidak disengaja atau kontraksi otot yang berkepanjangan di area tubuh Anda.

Bisa Terjadi Bukan Karena Parkinson

Ada dua jenis utama distonia: primer dan sekunder. Pada distonia primer, gangguan gerakan terjadi dengan sendirinya, dan merupakan satu-satunya gambaran klinis penyakit tersebut. Pada distonia sekunder, bentuk yang terkait dengan Parkinson, pasien juga akan mengalami gejala lain yang terkait dengan Parkinson. Hal ini, menurut Michael J. Fox Foundation, paling sering termasuk tremor, kekakuan, dan kelambatan gerakan.

Sejumlah gangguan neurologis lainnya juga terkait dengan distonia sekunder, seperti penyakit Wilson, penyakit Huntington, sidonia methylmalonic, dan ataksia spinocerebellar.

Pengobatan yang Bisa Dipilih

Jika Anda melihat gejala distonia di sekitar mulut Anda atau di tempat lain, Anda harus terlebih dahulu menghubungi ahli saraf yang berspesialisasi dalam gangguan gerakan. Mereka mungkin meresepkan obat oral seperti Klonopin, Valium, atau Artane, yang telah terbukti memperbaiki gejala gerakan tak sadar pada kira-kira sepertiga kasus. Sebagai alternatif, mereka mungkin merekomendasikan suntikan botulisme, operasi stimulasi otak dalam, atau pelemas otot untuk meminimalkan gerakan yang tidak disengaja. Michael J. Fox Foundation mencatat bahwa terapi fisik dan okupasi juga dapat menangani masalah ini.

Meskipun diagnosanya bisa menakutkan, Yayasan Dystonia memberikan pesan harapan kepada mereka yang mengalami gejala yang mengganggu ini. Penderita dystonia masih memiliki harapan untuk menjalani kehidupan. Tahap awal timbulnya gejala, diagnosis, dan mencari pengobatan yang efektif mungkin memang melelahkan. Kuncinya adalah mencari evaluasi medis segera setelah Anda pertama kali melihat masalah dan memulai pengobatan untuk distonia dan Parkinson sesegera mungkin.

 

Sumber: MSN

Febby Fortinella                 
175 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.