Trending

Febby Fortinella                 
98 0 0
Others January 3 3 Min Read

Untuk Apa Kita Mengonsumsi Vitamin Setiap Hari?




Ketika berbicara tentang kesehatan, hampir semua orang mencari sumber tambahan, terutama selama pandemi COVID-19. Keinginan itu telah menjadikan vitamin dan suplemen tumbuh menjadi industri senilai $150 miliar di seluruh dunia. Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin setiap hari, atau sedang mengonsumsinya sekarang, penting untuk mengetahui bahwa ada hal-hal yang jelas yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh vitamin, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian selama beberapa dekade. Dan jika Anda mengonsumsinya dengan cara yang salah, mereka bisa berbahaya.

1. Dapat Membantu Mengisi Kesenjangan Nutrisi

"Jika Anda seperti kebanyakan orang di dunia, yang tidak makan makanan yang sempurna setiap hari, multivitamin akan mengisi defisit kecil yang Anda miliki setiap hari," Kathryn Boling, MD, seorang dokter keluarga. dokter di Mercy Medical Center Baltimore, mengatakan kepada ETNT Health. "Dan jika Anda mau mengeluarkan sedikit uang untuk sesuatu yang sebagian besarnya hanya akan terbuang bersama air seni tetapi dapat mengisi defisit kecil itu, maka minumlah multivitamin. Saya juga melakukannya."

2. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jika multivitamin harian Anda mengandung vitamin C dan D (dan sebagian besar mengandung keduanya), nutrisi tersebut dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. "Jika Anda kekurangan vitamin D, itu berdampak pada kerentanan Anda terhadap infeksi," kata Dr. Anthony Fauci, seorang spesialis penyakit menular. "Saya tidak keberatan merekomendasikannya, dan saya sendiri juga melakukannya, mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Selain itu, vitamin lain yang dikonsumsi orang adalah vitamin C karena merupakan antioksidan yang baik. Jadi jika orang ingin mengonsumsi sekitar satu gram vitamin C, itu tidak masalah. 

3. Memberi Anda Sensasi Rasa Aman Sementara

Mengonsumsi vitamin akan menjadi sia-sia jika disertai dengan meminum minuman bersoda dan makanan ringan yang manis, atau mengonsumsi terlalu banyak makan cepat saji atau yang mengandung kalori dan lemak berlebihan.

"Suplemen tidak pernah menggantikan diet yang seimbang dan sehat," kata Dr. JoAnn Manson, spesialis diet, dalam sebuah wawancara dengan Harvard Health. "Dan bagi mereka yang sedang menjalani diet, vitamin bisa menjadi pengalih perhatian dari praktik gaya hidup sehat yang memberikan manfaat yang jauh lebih besar." Hal ini tentu saja salah. Vitamin hanya membantu, tapi tidak bisa menggantikan makanan sehat.

4. Kesalahan dalam Mengonsumsi Bisa Membuat Diri Anda Sakit

Jika vitamin Anda mengandung nutrisi tertentu dalam dosis tinggi, itu dapat menyebabkan masalah. Sebagian besar vitamin larut dalam air, artinya mereka tidak dapat menumpuk di dalam tubuh karena kelebihan apa pun dibersihkan oleh urin. Tetapi vitamin yang larut dalam lemak, termasuk A, D, E dan K, dapat menumpuk di dalam tubuh dan mungkin berbahaya pada tingkat tinggi, terutama A dan E. Karenanya pastikan Anda mengonsumsi vitamin dalam dosis yang tepat.

5. Vitamin Bukanlah “Peluru” Ajaib

Jika Anda mengonsumsi multivitamin untuk perlindungan terhadap penyakit serius, Anda harus tahu bahwa sains belum cukup sampai di sana. Pada tahun 2018, para peneliti dari Johns Hopkins menganalisa studi yang melibatkan hampir setengah juta orang. Mereka memutuskan bahwa mengonsumsi multivitamin tidak menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, atau kematian dini. Saran mereka: jangan buang uang Anda untuk multivitamin. Dapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan dari makanan. Ini lebih baik dan lebih aman bagi kesehatan, dan lebih nyata efeknya terhadap tubuh.

Nah, mulai saat ini, boleh saja mengonsumsi vitamin. Tapi pastikan pola makan Anda tetap sehat dan seimbang.

 

Sumber: MSN

Febby Fortinella                 
98 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.