Trending

Febby Fortinella                 
162 0 0
Others January 3 3 Min Read

Fobia Aneh yang Benar-Benar Ada




Semua orang takut akan sesuatu—atau banyak hal. Tapi ketakutan tidak sama dengan fobia.

“Fobia terdiri dari ketakutan yang terus-menerus atau penghindaran terhadap stimulus tertentu,” kata Kate Wolitzky-Taylor, PhD, anggota fakultas asosiasi dengan Pusat Penelitian Kecemasan dan Depresi di UCLA. “Biasanya stimulus adalah sesuatu atau situasi, seperti lebah atau ketinggian.” Tapi ada komponen kedua untuk fobia. "Selain itu, ketakutan menyebabkan penderitaan yang signifikan atau entah bagaimana mengganggu kehidupan orang tersebut," kata Wolitzky-Taylor.

Jika Anda merasa takut dengan ular atau ruang sempit, itu hal yang biasa terjadi. Ketakutanakan naik ke tingkat fobia jika kita bahkan tidak dapat melihat ular di TV hingga tak bisa tidur, atau harus berhenti dari pekerjaan karena untuk sampai ke kantor harus naik lift yang sempit.

Dari mana fobia ini berasal? DNA mungkin berperan. Wolitzky-Taylor mengatakan banyak orang memiliki gen yang meningkatkan risiko gangguan terkait kecemasan, istilah umum yang mencakup fobia. Tetapi bahkan jika seseorang tidak memiliki gen fobia itu, fobia itu bisa berkembang melalui proses pengkondisian. Misalnya, jika orang tua selalu menakut-nakuti anaknya pada laba-laba di masa kecilnya, itu bisa menjadi fobia, terutama jika si anak juga memiliki pengalaman negatif dengan laba-laba.

Menghindari hal yang membuat takut juga dapat meningkatkan kekuatannya. Menghindari justru memperkuat kecemasan dan membuatnya terus berlanjut, dan itu adalah resep untuk fobia, Secara harfiah, kita bisa takut pada apa saja. Namun, ada beberapa fobia yang aneh nyaris tidak masuk akal.

Tafofobia

Tafofobia adalah rasa takut dikubur hidup-hidup. Penelitian menunjukkan ini muncul (dan memuncak) selama tahun 1700-an pada saat wabah merajalela, dan orang-orang takut dokter atau profesional medis akan keliru menyatakan mereka mati. Tafofobia adalah fenomena sedemikian rupa sehingga seringkali terjadi mayat disimpan untuk waktu yang lama sebelum penguburan untuk memastikan mereka tidak akan bangun.

Eisoptrofobia

Eisoptrophobia adalah ketakutan akan cermin atau, lebih khusus lagi, melihat bayangan sendiri di cermin. Melihat ke cermin dapat menyebabkan orang dengan eisoptrophobia malu atau tertekan, dan dapat menyebabkan depresi, menurut sebuah studi kasus tahun 2014 yang merinci perjuangan seorang wanita berusia 30 tahun 55 tahun dengan fobia ini.

Ombrofobia

Ombrophobia adalah ketakutan akan hujan. Itu termasuk dalam kategori yang disebut peneliti sebagai "fobia lingkungan alam", yang juga mencakup angin topan (lilapsophobia), salju (chionophobia), dingin (cryophobia), dan angin (ancraophobia). Orang dengan fobia ini mungkin lebih cenderung memiliki semacam pendidikan formal terkait cuaca, yang membebani mereka dengan pemahaman yang lebih besar tentang potensi bahaya yang terkait dengan cuaca buruk.

Fonofobia

Fonophobia adalah ketakutan yang “abnormal” dan “tidak beralasan” terhadap suara, seperti suara sehari-hari yang tidak mungkin merusak pendengaran seseorang atau menyebabkan rasa sakit, misalnya pintu yang ditutup atau percakapan yang keras. Fonofobia terkadang tumpang tindih dengan kondisi yang disebut "hiperakusis," yang merupakan reaksi kuat yang tidak normal terhadap suara, yang berasal dari bagian otak yang memproses kebisingan.

Numerofobia

Numerophobia adalah ketakutan akan angka, meskipun tidak dalam arti bahwa seseorang percaya angka 1 atau 0 raksasa bersembunyi di bawah tempat tidur. Sebaliknya, numerophobia biasanya muncul sebagai rasa takut mengerjakan soal matematika atau berurusan dengan angka.

Thalassofobia

Thalassophobia adalah ketakutan akan laut atau perairan terbuka yang dalam. Selain adanya pikiran tentang makhluk laut yang bersembunyi di bawah ombak, fobia ini sering kali berakar pada ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Begitu menurut Seán Harrington dalam buku Beasts of the Deep.

Itulah beberapa diantara fobia yang tidak masuk akal namun benar-benar dialami oleh beberapa orang. Masih banyak fobia aneh lainnya yang mungkin akan kita bahas di lain waktu.

 

Sumber: MSN

Febby Fortinella                 
162 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.