Opini Akademisi May 4 7 Min Read

Game Kompetitif Menjadi Ajang Adu Mental?




Akhir-akhir ini game kompetitif sangat populer, entah di ponsel maupun komputer. Hadirnya game kompetitif online seperti, Mobile Legends, League of Legends Wild Rift, Valorant, Apex Legend, dan berbagai macam game kompetitif lainnya menjadi suatu tantangan dan ketertarikan tersendiri bagi para gamers. Sebenarnya apa definisi dari kompetitif yang di maksud dalam game itu sendiri merupakan persaingan perseorangan maupun tim untuk mendapatkan kemenangan dengan cara menghabisi saingannya. Sebagai contoh game berjudul Apex Legend, dimana satu tim berisi tiga orang akan berusaha menghabisi tim lain hingga memenangkan pertendingan tersebut. 

Kemenangan dalam game kompetitif membuahkan kepuasan tersendiri bagi para pemain, karena setiap kemenangan akan menghasilkan penghargaan tersendiri. Seperti contoh hadirnya sistem Rank atau Peringkat, dimana jika pemain telah memenangkan pertandingan maka mereka akan mendapatkan peringkat, begitu juga sebaliknya ketika pemain mengalami kekalahan maka peringkat pemain akan menurun. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemain, karena mereka akan berambisi untuk berada di peringkat tertingki. Namun semakin tinggi peringkat yang dia dapatkan, semakin susah juga musuh yang mereka hadapi.

Di balik permainan kompetitif yang semakin marak di era sekarang, hadirnya Pro Scene atau ajang turnamen besar dimana tim yang memenangkan turnamen tersebut bisa mendapatkan keuntungan berupa uang dan juga piagam. Ini menjadi impian tersendiri bagi para pemain agar bisa mengikuti turnbamen, agar mereka mendapatkan keuntungan dari sekian lama nya bermain game.

Tapi, persaingan game kompetitif tidak berhenti di situ saja. Pemain menanggung beban mental tersendiri, dari bagaimana mereka berusaha agar mempertahankan kemenangannya. Stress dapat ditimbulkan dari game kompetitif ini dimana pemain selalu gagal mempertahan kemenangan dan berhenti di peringkat itu-itu saja, atau bahkan mengalami penurunan peringkat. Emosi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi pemain maupun lingkungan sekitarnya. Pengaruh mental yang dialami pemain tidak hanya dari bagaimana mereka mempertahankan kemanganan, tetapi dapat datang dari pemain lain sendiri entah itu sekutu maupun musuh. Hadirnya Toxic Player atau bisa dikatakan dimana pemain ini menggunakan kata kasar untuk menjatuhkan mental lawan, atau mengolok rekan tim nya sendiri. Mereka tidak segan-segan untuk membual, mengatakan kata-kata kotor, menghina hingga membawa ras, agama, maupun suku, bahkan menghina keluarga pemain. Hal ini kembali berpengaruh terhadap mental dan emosi pemain yang menjadi korban kearoganan para pemain toxic.

Tetapi, di ajang Pro Scene terkadang menjatuhkan mental lawan merupakan hal yang dibutuhkan oleh para pemain. Mereka memainkan mental lawan dengan mengatakan kekurangan lawannya, atau bahkan menggunakan kata-kata kotor. Tetapi, di setiap ajang terdapat batasan tersendiri untuk mengucapkan apa yang mereka katakan. Pemain ajang Pro Scene tidak hanya menanggung beban mental dari lawannya. Mereka juga menanggung beban mental dari para penonton. Terlebih ketika ada kejanggalan atupun ketika tim tersebut kalah. Para penonton yang mendukung tim yang menang sering kali kerap ditemukan mengolok tim yang kalah, mengatakan apapun agar meluapkan kebenciannya. Tetapi terkadang para pendukung tim juga mengolok tim kalah tentang ketidak berhasilan mereka dalam ajang Pro Scene.

Oleh karena itu, beberapa tim E-Sports sudah menyediakan psikolog untuk para pemainnya. Agar mereka bisa melakukan terapi tersendiri untuk menyembuhkan mentalnya dari berbagai macam tekanan yang mereka dapatkan. Kasus penyerangan mental sudah sangat tidak asing, bahkan bagi para masyarakat awam juga sudah mengetahui akan hal ini. Bisa dikatakan ketika pemain menginginkan kesenangan saat bermain game untuk melepaskan beban pikirannya, malah lebih terbebani lagi oleh game tersebut.

Muhammad Rayhan                 
70 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.