by INBIO
Pengimplementasian Model Problem Based Learning Pada Materi Simbol Pancasila Dalam Lambang Negera di Kelas I SD Negeri 094125 Boluk
Oleh
Roslinta Munte, S.Pd
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menolong peserta didik untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan pada pada era globalisasi saat ini. PBL dikembangkan untuk pertama kali oleh Prof. Howard Barrows sekitar tahun 1970-an dalam pembelajaran ilmu medis di McMaster University Canada. Model pembelajaran ini menyajikan suatu masalah yang nyata bagi peserta didik sebagai awal pembelajaran kemudian diselesaikan melalui penyelidikan dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Model PBL bercirikan penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai suatu yang harus dipelajari peserta didik. Dengan model Problem Based Learning diharapkan peserta didik mendapatkan lebih banyak kecakapan daripada pengetahuan yang dihafal. Mulai dari kecakapan memecahkan masalah, kecakapan berpikir kritis, kecakapan bekerja dalam kelompok, kecakapan interpersonal dan komunikasi, serta kecakapan pencarian dan pengolahan informasi.
Salah satu pengimplementasian model PBL yaitu pada materi “simbol Pancasila dalam lambang negara” mata pelajaran PPKn melalui tahapan-tahapan identifikasi masalah, eksplorasi penyebab masalah, hingga menetapkan solusi permasalahan yang dihadapi di di kelas I SD Negeri 094125 Boluk. Melalui model ini, guru dapat memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berfikir, memecahkan masalah dan keterampilan intelektual dengan menerlibatkan pengalaman nyata atau simulasi peserta didik sehingga pembelajaran PPKn dengan materi simbol Pancasila dalam lambang negara menjadi otonom dan mandiri. Model PBL juga dapat membiasakan peserta didik untuk mengembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang sangat berguna bagi kehidupan nyata yang penuh tantangan dalam kehidupan sehari-hari karena peserta didik memiliki pola pikir yang terbuka, reflektif, kritis, belajar aktif, memecahkan masalah, komunikasi, kerja kelompok dan keterampilan interpersonal dengan lebih baik di kelas I SD Negeri 094125 Boluk.
Inovasi pembelajaran PPKn dengan materi simbol Pancasila dalam lambang negara dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) dapat memberikan beberapa manfaat di kelas I SD Negeri 094125 Boluk yaitu:
Meskipun terdapat beberapa manfaat dari inovasi pembelajaran dengan menggunakan problem based learning (PBL) dalam materi simbol-simbol Pancasila dalam lambang negara mata pelajaran PPKn, namun ada juga beberapa tantangan dan masalah yang muncul di kelas I SD Negeri 094125 Boluk yaitu:
Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan inovasi problem based learning (PBL) pada materi simbol-simbol Pancasila dalam lambang negara mata pelajaran, berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan di kelas I SD Negeri 094125 Boluk:
Dengan menerapkan solusi-solusi tersebut, sekolah dapat mengatasi tantangan yang berkaitan dengan penerapan PBL dalam pembelajaran PKn pada materi simbol-simbol Pancasila dalam lambang negara dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menarik bagi peserta didik.
AUTHOR
You're reading this message and I can make millions of people read your message the exact same way!. Costs are much cheaper than regular advertising Hit me up via email or skype for details. P. Stewart Skype: live:.cid.e169e59bb6e6d159 Email: ps4381 Vs@gomail2.xyz
© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.