Sains dan Teknologi September 23 5 Min Read

MAU BISNIS “KEDAI KOPI” ANDA RAMAI? INI RAHASIANYA AGAR DIGANDRUNGI PEMBELI




Ketika berkunjung ke suatu kedai kopi, terdapat tiga hal penting yang biasanya selalu kita pertimbangkan sebelumnya, seperti faktor harga, kualitas makanan, dan suasana yang nyaman. Saat ketiga faktor telah terpenuhi, maka akan menimbulkan kepuasan dan keinginan untuk berkunjung kembali di kemudian hari.

Bagaimana ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi tingginya keinginan konsumen untuk berkunjung? Selengkapnya, mari simak penjelasan berikuti ini!

Beberapa tahun ini, perkembangan kedai kopi dengan menyajikan beragam sajian minuman berbahan dasar Kopi Arabika mulai berkembang di kota Takengon, Aceh Tengah. Jika sebelumnya penyajian kopi menggunakan metode tradisional, saat ini telah bergeser menggunakan teknologi modern seperti mesin espresso. Saat ini, Takengon tidak hanya memiliki wisata danau, tapi juga wisata perkebunan kopi yang citranya telah melekat pada pecinta kopi. Ditandai dengan banyaknya kedai kopi dari wilayah pinggiran hingga perkebunan kopi yang menawarkan berbagai jenis kopi cita rasa khas Aceh. Tingginya minat masyarakat di Takengon, terutama anak muda, untuk berkunjung ke kedai kopi semakin terlihat dengan munculnya berbagai kedai kopi.

Setiap kedai berusaha untuk memenangkan hati pelanggan melalui tawaran/suguhan yang menarik, salah satunya Kedai Kopi Tootor Takengon. Beragamnya produk yang ditawarkan, fasilitas yang cukup luas, desain interior dan eksterior yang instagrammable merupakan strategi utama kedai kopi Tootor untuk meningkatkan daya tarik pembeli. Menariknya, hal ini membuat Rayuwati dan tim dari Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Putih, Pegasing, Takengon Aceh Tengah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga (price), suasana kedai (store atmosphere), kualitas produk makanan (food product quality) terutama di Kedai Kopi Tootor Takengon terhadap daya tarik konsumen/pelanggan untuk berkunjung dan menikmati sajian di kedai tersebut.

Pengaruh harga terhadap daya tarik pembeli

Indikator harga meliputi: keterjangkauan, kesesuaian harga dengan kualitas produk, dan harga yang kompetitif dibandingkan dengan kompetitor lain. Setelah dilakukan analisis, ternyata semua indikator tersebut telah mempengaruhi daya tarik pembeli di kedai kopi Tootor. Dalam memanagemen bisnisnya, harga kopi konsisten dengan rasa yang disajikan. Selain itu, harga yang ditawarkan sangat bersaing dengan kompetitor dan market survey yang sering dilakukan untuk menentukan harga, sehingga secara teori harga yang dibanderol oleh kedai kopi Tootor sudah sesuai.

Pengaruh suasana kedai terhadap daya tarik pembeli

Indikator suasana kedai/store atmosphere meliputi: desain eksterior, interior umum, tata letak toko, dan penampilan. Setelah dilakukan analisis, semua indikator tersebut terbukti dapat mempengaruhi daya tarik konsumen untuk membeli makanan dan minuman di kedai kopi Tootor. Dalam strategi bisnis kedai kopi Tootor, lokasi strategis dipilih tidak terlalu dekat dengan jalan utama sehingga tidak menimbulkan kebisingan dan konsumen menjadi nyaman, desain tempat duduk dan lingkungan yang tertata rapi memberikan kesan santai, dan pada hari-hari besar atau hari libur diadakan live music dari band-band lokal sehingga menjadikan pelanggan betah berlama-lama di kafe. Strategi ini dinilai telah sejalan dengan teori yang telah ada.

Pengaruh kualitas produk makanan terhadap daya tarik pembeli

Indikator untuk menilai kualitas produk makanan/food product quality meliputi: ukuran, bentuk, konsistensi, tekstur, dan rasa. Setelah dianalisis, indikator tersebut telah mempengaruhi daya tarik konsumen untuk membeli makanan dan minuman di kedai kopi Tootor. Pada strategi bisnis yang diaplikasikan oleh kedai kopi Tootor, setiap rasa yang disuguhkan memiliki ciri khas yang diminati oleh konsumen. Strategi ini dinilai telah sejalan dengan teori yang telah ada.


Dari hasil penelitian tersebut, harga memiliki efek yang lebih signifikan terhadap minat beli konsumen dibandingkan dengan kualitas produk makanan yang disajikan. Namun, indikator pada kualitas produk makanan juga memiliki pengaruh positif terhadap daya tarik pembeli. Selain itu, suasana kedai kopi yang nyaman, santai, dan instragammable paling disukai oleh konsumen.

Faktor dan indikator yang telah diaplikasikan oleh kedai kopi Tootor telah terbukti meningkatkan daya tarik konsumen untuk berkunjung menikmati makanan, minuman, spot foto yang telah disajikan di kedai kopi Tootor. Poin-poin penting tersebut tentunya bisa menjadi rujukan bagi para pelaku bisnis kedai kopi untuk melakukan managemen bisnis sesuai dengan kriteria tersebut.

Artikel ini diadopsi dari:

https://ijstm.inarah.co.id/index.php/ijstm

https://scholar.google.com/citations?user=wujmmggAAAAJ&hl=id

Dewi Luthfiana                 
58 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.