Opini Akademisi August 5 5 Min Read

Hal-hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Beasiswa




Halo para pejuang beasiswa, apakah persiapanmu untuk mengikuti seleksi beasiswa sudah matang? Tentunya bagi kalian para pejuang beasiswa sudah mempersiapkan satu hal yang memang perlu, yaitu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Setidaknya mungkin saat ini biaya belajar bahasa Inggris yang sudah kalian habiskan sudah membuahkan hasil dengan mendapatkan skor TOEFL atau IELTS yang cukup tinggi untuk bisa menjadi salah satu kunci dalam mendapatkan beasiswa, khususnya beasiswa luar negeri.

Mengapa Harus Mengikuti Beasiswa Luar Negeri?

Sejumlah program beasiswa luar negeri punya reputasi besar. Tak dipungkiri puluhan ribu mahasiswa mancanegara memperebutkan program tersebut setiap tahunnya. Program beasiswa luar negeri menjadi primadona karena fasilitas yang disiapkan oleh donatur. Pada umumnya, mereka sudah menanggung biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, biaya penelitian, hingga tempat tinggal. Kalian sebagai penerima beasiswa hampir tidak mengeluarkan uang sepersen pun untuk kebutuhan studi. Bahkan, sebelum berangkat ke negara tujuan hingga sekembalinya, tiket pesawat kalian juga sudah ditanggung.

Beberapa beasiswa populer biasanya ditawarkan oleh berbagai donatur. Ada yang ditawarkan melalui konsorsium sejumlah negara, lembaga pemerintah, yayasan, atau organisasi non profit. Beasiswa ini tersebar di sejumlah negara. Umumnya berada di benua Eropa, Amerika, dan Australia. Mahasiswa yang memiliki prestasi, berbakat, dan punya jiwa kepemimpinan lebih sering jadi pertimbangan.

Jika kalian sudah punya modal yang cukup dalam menguasai kemampuan Bahasa Inggris bukan berarti persiapan kalian sudah cukup, masih ada hal lain yang wajib dipersiapkan sebelum mengikuti seleksi beasiswa luar negeri. Karena seperti yang kita tahu, untuk bisa apply program beasiswa, banyak hal akademis dan non akademis yang harus dipersiapkan jauh sebelum tanggal beasiswa dibuka. Kira-kira hal apa sajakah itu? Mari simak pembahasannya!

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Beasiswa

1. Persiapkan Nilai dan Prestasi Lainnya yang Bisa diunggulkan

Walaupun setiap program beasiswa memiliki standar berbeda dalam persyaratan akademik, umumnya akan ada nilai minimal yang diminta sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan program beasiswa tersebut. Untuk itu, menjaga track record nilai yang baik dalam proses sekolah/kuliah akan banyak berpengaruh terhadap besarnya peluang untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Selain nilai akademis, kalian juga bisa menjadikan prestasi non akademik sebagai keunggulan. Kalian bisa ikuti segala kegiatan yang memiliki relevansi dengan beasiswa yang menjadi target kalian.

2. Memahami Program Beasiswa dan Pilihan Universitas

Sebelum memutuskan untuk mencari beasiswa, kalian harus sangat memahami tentang program beasiswa yang akan kalian targetkan dan jangan lupa pula untuk mempersiapkan plan B. Karena beragamnya jenis beasiswa yang ditawarkan saat ini, tentunya persyaratan dan nilai tanggungan beasiswa pun memiliki syarat dan ketentuan yang beraneka ragam juga. Oleh karena itu, mempelajari pilihan universitas yang dicakup oleh program beasiswa juga tak kalah penting, karena ini merupakan titik awal untuk kalian menentukan akan kuliah di jurusan apa dan di negara mana.

3. Persiapan Administratif

Persiapan dokumen tentunya jadi hal yang cukup memakan waktu dalam proses persiapannya sehingga alangkah lebih baiknya untuk proses administratif sudah bisa kalian mulai beberapa bulan sebelum pendaftaran beasiswa dibuka. Dokumen yang kalian butuhkan tentunya bervariasi, tergantung persyaratan dari pemberi beasiswa. Umumnya dokumen penting yang harus dipersiapkan dan pasti dibutuhkan adalah:

  • Fotokopi Rapor, Ijazah,dan Transkrip
  • Tanda pengenal (KTP, SIM, PASPOR)
  • Pas Foto Terbaru
  • Curriculum Vitae

4. Sejauh Apa kemampuan Bahasa Inggrismu?

Memang tidak semua negara tujuan beasiswa mewajibkan kita untuk bisa menguasai Bahasa Inggris, namun hampir semua instansi perkuliahan di luar negeri menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu, Bahasa Inggris merupakan modal mutlak yang perlu dipersiapkan.

Pastikan kalian sudah mulai mengetahui kemampuan Bahasa Inggris kalian jauh sebelum mengikuti program beasiswa, sehingga jika kalian merasa kurang kalian masih bisa meningkatkannya dengan ikut kursus.

5. Persiapan Mental

Proses atau tahap dalam mancari beasiswa merupakan hal yang tidak sedikit memakan waktu. Oleh karena itu, pastikan kalian siap untuk menghadapi segala konsekuensinya dengan baik. Pastikan tujuan kalian dalam mendapatkan beasiswa itu akan memicu kalian untuk semakin gigih berusaha dan tahu kemana arah dari usaha yang kalian lakukan. Selalu ingat bahwa beasiswa ini datang kepada orang orang yang gigih, giat berusaha, dan penuh tanggung jawab.

Nah itulah 5 hal yang wajib kalian persiapkan sebelum mengikuti beasiswa. Sekalipun sepele tapi semua itu tidaklah mudah untuk dilalui. Semangat dan mental kalian sangat diuji di sini. Oleh sebab itu, tetap semangat dan jangan mudah putus asa. Karena semua perjuangan itu butuh usaha dan tidak selamanya berjalan dengan mulus. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Khairil Fajrin                 
88 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.