Trending

Gusti Salma Assyifa Balela                 
70 0 0
Kedokteran December 20 5 Min Read

Benarkah Diabetes Menyebabkan Haid Tidak Teratur?




Banyak yang mengatakan bahwa penyakit diabetes berpengaruh terhadap menstruasi seorang wanita. Apakah benar wanita yang mengidap penyakit diabetes dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur?

 

Diabetes memang identik dengan mereka yang menginjak usia tua dan memiliki faktor risiko tersebut. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa diabetes dapat menyerang segala usia, tak terkecuali remaja. Pada remaja putri, disebutkan bahwa diabetes dapat membuat haid menjadi tidak teratur.

Diabetes dan siklus menstruasi dapat saling mempengaruhi. Periode menstruasi bergantung pada hormonal. Saat menstruasi berlangsung, hormon menstruasi yaitu estrogen dan progesteron dapat bereaksi dengan hormon insulin, yang akan menyebabkan resistensi dan menimbulkan kadar gula yang tinggi menjelang menstruasi atau selama menstruasi.

Sebaliknya, diabetes juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi seseorang. Khususnya wanita yang terkena diabetes lebih awal, atau diabetes tipe 1. Kondisi ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi, dan membuat menstruasi lebih banyak atau lebih lama. 

Berbagai macam hal yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur diantaranya, yaitu :

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Dalam tubuh manusia, hormon estrogen bersama dengan hormon progesteron saling membantu untuk mengatur siklus menstruasi. Jika salah satu hormon tersebut bermasalah, maka dapat mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

 

  1. Endometriosis

Penyakit endometriosis terjadi saat tempat menempelnya ovum (endometrium) tumbuh di luar rahim, yang membuat darah yang seharusnya keluar dari tubuh malah mengendap dan terjebak di dalam rahim. Penyakit ini akan menyebabkan rasa nyeri dan membuat siklus mentruasi menjadi tidak teratur.

 

  1. Stres

Stres sangat memengaruhi hypothalamus, salah satu bagian dari otak. Hypothalamus juga merupakan tempat bernaung hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi. Saat stres, kerja dari hypothalamus akan terganggu dan produksi hormon pun menjadi tidak seimbang. Saat hormon tidak seimbang, maka akan membuat menstruasi menjadi tidak teratur.

 

  1. Kelenjar Tiroid Terganggu

Kelenjar tiroid berinteraksi dengan banyak sistem dalam tubuh agar dapat mengatur metabolisme tubuh. Saat tiroid tidak bekerja dengan seimbang dengan sistem lainnya dalam tubuh, akan terjadi hipotiroid maupun hipertiroid. Hal tersebut akan menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan teratur.

 

  1. Obesitas

Ketika wanita mengalami penambahan berat badan yang berlebihan atau mengalami obesitas, akan memicu gangguan hormonal pada tubuh. Hal tersebut dapat terjadi karena tubuh memproduksi estrogen lebih banyak, akibatnya dapat menghambat pelepasan sel telur sehingga darah menstruasi menjadi tidak teratur.

Meski remaja perempuan dengan diabetes rentan mengalami haid tidak teratur, tapi penderita diabetes wanita lainnya juga dapat mengalami hal serupa tergantung pada kondisinya masing masing.

 

Gusti Salma Assyifa Balela                 
70 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.