Sains dan Teknologi September 6 9 Min Read

Peneliti Masa Kini Harus Melek Teknologi




Hai Sobat Peneliti!!

Seorang peneliti pasti memiliki banyak tuntutan dalam menjalankan tugasnya. Peneliti harus teliti itu pasti, peneliti harus tekun dan menguasai laboratorium. sebagai seorang peneliti, bukan hanya skill lab yang harus dikuasai. Khususnya di era ini, di mana skill teknologi harus dicapai. Lalu teknologi seperti apa sih yang bisa dipelajari oleh peneliti untuk research?

Semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah ada loh metode analisis senyawa bioaktif pada organisme untuk pencegahan ataupun pengobatan suatu penyakit dengan komputasi, namanya molecular docking. Molecular Docking membantu para peneliti untuk menemukan interaksi-interaksi antar molekul yang bisa dilihat baik dari struktur, angka energi, jenis ikatan dan sebagainya. Uji senyawa dilakukan secara in silico atau melalui komputer. Jadi gambaran dari proses docking itu seperti apa? berikut prosesnya secara singkat:

  • Penginstalan aplikasi docking serta program penginstal seperti Python, Java, PyMol, PyRx, BIOVIA
  • Mencari protein, melihat ligan alami, struktur ramacandran, dan mendownload ligan
  • Mendownload senyawa/ligan uji untuk docking di PubChem dalam format 3D 
  • Preparasi protein, dihilangkan molekul air dan menghapus ligan alami, meminimalisaasi ligan alami dan ligan uji, dan diformat ke dalam Pdbqt. Memberi gridbox, memasang ligan uji pada protein.
  • Membandingkan ligan uji dan ligan alami. Dicari ligan terbaik yang paling mendekati ligan alami.

Menarik bukan bermain dengan biologi dan komputer. Apalagi kalau kamu peneliti yang juga gamer, pasti seru dong otak-atik molekul di komputer. Untuk menambah skill teknologi komputasi kamu sebagai scientist masa kini, yuk belajar metode in silico dengan molecular docking.

Nala Azkiya                 
57 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.