Opini Akademisi May 11 9 Min Read

Karakter Manusia itu terbagi Empat Tipe




Generasipenlitii.id -- Sering kali dalam keluarga,persahabatan, dalam dunia kerja maupun pada tataran komunitas organisasi, sering terjadi perbedaan- perbedaan, pandangan dan cara berpikir berbeda.

Ini tidak lain,  di karenakan adanya perbedaan yang mendasar dari karakter manusia itu sendiri. Baik dalam kesempatan ini saya selaku penulis mengajak saudara - saudari dalam mengetahui perbedaan masing- masing katarakter manusia.

Namun sebelum lebih lanjut, baiknya kita memahami dl sih ,Apa sih yang di maksud Karakater ? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengertian karakter bisa diistilahkan sebagai sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, akhlak yang dipunyai seseorang yang nantinya akan memisahkan seseorang itu dengan orang lainnya.

Beberapa pakar- pakar ahli saya kutip pernyatanya diantaranya: 

Menurut Ryan & Bohlin  ia memberikan pengertian bahwa karakter adalah sebuah pola perilaku seseorang. Orang dengan karakter yang baik pasti saja bakal paham tentang kebaikan, menyukai kebaikan, serta menggarap sesuatu yang baik pula. Orang dengan perilaku yang memang cocok kaidah moral dinamakan sebagai orang yang berkarakter mulia.

Pakar Lain juga mengatakan dari Prof. Dr. H.M Quraish Shihab Pengertian karakter adalah himpunan pengalaman tentang pendidikan dan sejarah yang lantas mendorong keterampilan yang terdapat di dalam diri seseorang untuk dapat menjadi perangkat ukur ataupun sisi insan untuk mewujudkannya. Baik tersebut dalam format pemikiran, perilaku, sikap, serta karakter dan budi pekerti.

Sementara dari Imam Al-Ghajali pengertian karakter adalahsifat yang mana tertanam di dalam sifat dan jiwa seseorang tersbeut. Sehingga bakal secara spontan dan gampang sikap, tindakan, dan tindakan tersebut bakal terpencarkan.

Berdasarkan ilmu psikologi , bahwa karakter manusia itu terbagi empat tipe di antaranya tipe sanguinis, tiipe plegmatis, tipe melankolis dan yang terakhir tipe koleris

Dalam teori psikologi, terdapat empat temperamen (the four temperaments) yang berasal dari kumpulan sifat seseorang yang terbentuk sejak lahir. 

Seiring berjalannya waktu, temperamen manusia mungkin saja berkembang meski pada dasarnya tetaplah sama.

Satu orang bisa memiliki lebih dari satu temperamen, dengan dominasi salah satunya. Untuk mengenali setiap karakter, berikut ini penjelasannya

1. Tipe Sanguinis
Orang dengan kepribadian sanguinis sering dikaitkan dengan sikap mereka yang suka bersosialisasi, berpetualang, mencari kesenangan juga tantangan. Selain itu, tipe ini juga dikenal dengan ciri-ciri:

Mudah bergaul, Aktif, Optimistis, Impulsif
Humoris, Ekspresif dan Kompetitif


2. Tipe Melankolis
Tipe melankolis sering terlihat pada orang dengan karakter yang cenderung privat, analitis, dan faktual dalam berkomunikasi. Seseorang dengan tipe ini membutuhkan informasi, waktu untuk berpikir dan rencana yang detail agar bisa berfungsi secara efektif. Mereka juga memiliki ciri-ciri di antaranya:

Sangat detail, Sensitif, Cemas jika berada di lingkungan baru, Cenderung introvert
Mudah curiga dan Teliti

3. Tipe Plegmatis

Orang dengan tipe ini cenderung lebih relaks, tenang, dan bisa dibilang easy going. Mereka juga punya niat yang baik dalam hal simpati dan peduli dengan orang-orang sekitar. Tapi mereka cenderung menyembunyikan emosi yang sebenarnya dan cukup mudah berkompromi yang memiliki ciri-ciri antara lain:

Tenang/kalem, Setia, Cenderung menghindari konflik, Senang menolong sesama namun kekuaranganya sulit beradaptasi dengan kebiasaan baru

4. Tipe Koleris
Tipe terakhir ada koleris yang mudah dilihat dari seseorang yang ambisius, kompetitif, dan fokus dengan tujuannya. Orang dengan kepribadian ini juga dikenal sebagai orang yang sangat tegas. Ciri lain yang bisa dilihat dari tipe koleris adalah sebagai berikut:

Cerdas, Analitis dan logis namun tidak terlalu suka basa-basi, Konsisten, Percaya diri, Mandiri dan Kreatif

Sehingga setiap orang memiliki sifat dan karakter masing-masing yang membedakannya dengan orang lain. 

Karakter ini seringkali berguna dalam kehidupan sosial atau menghadapi suatu masalah.

Bahkan perbedaan karakter ini bisa saja mempengaruhi gaya hidup, cara komunikasi, dan memaknai sesuatu dalam pengambilan keputusan ini bisa saja akan muncul berbagai karakter seseorang.

Itulah empat tipe karakter manusia menurut teori psikologi. Anda sendiri termasuk tipe yang mana ?

Rahman Andi Sudirman                 
188 1 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(1) Komentar

Image
ecce 5 August 2022

keren

Bagikan   

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.