Sains dan Teknologi September 14 3 Min Read

Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di SD 02 Sariak Laweh, Akabilur 50 Kota Payakumbuh Sumatera Barat oleh Tim KKN Universitas Andalas




Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2022 ini diketuai oleh Prof. Dr. Elidahanum Husni, MS dan dilaksanakan di Sekolah Dasar 02 Sariak Laweh, Akabilur 50 Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Adapun tema yang diberikan adalah pengenalan tanaman obat keluarga (TOGA) kepada siswa siswi sekolah dasar. Kegiatan ini melibatkan siswa dan siswi SD untuk memupuk rasa tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa peduli lingkungan sedini mungkin. Pengenalan awal yang diberikan kepada siswa ini dapat mendorong siswa untuk memanfaatkan lahan sekitar rumah, kebun, atau ladang sebagai tempat menanam tanaman herbal yang sangat penting manfaatnya sebagai obat tradisional untuk pertolongan pertama. 

Pengenalan yang diberikan meliputi tentang jenis, bentuk, bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat dan cara penanamannya. Lahan kosong dapat dimanfaatkan untuk penanaman tanaman ini. 

Kegiatan ini diawali dengan pertemuan bersama kepala sekolah SD 02 Sariak Laweh Ibu Eni Zuriati dan dilanjutkan dengan pemberian materi dengan metoda ceramah dan diskusi. Bahasan yang diberikan diawali dengan pengertian TOGA dilanjutkan dengan tujuan TOGA, mengapa TOGA perlu dimanfaatkan dan pengenalan beberapa tumbuhan TOGA.

Dira Hefni                 
79 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.