Trending

Gusti Salma Assyifa Balela                 
62 0 0
Kimia December 20 4 Min Read

Pembuatan Es Krim dengan Nitrogen Cair?




Pengolahan es krim menggunakan nitrogen cair atau yang disebut dengan LN2 (Liquid Nitrogen) sempat menjadi tren di kalangan masyarakat. Cepatnya proses pembuatannya dan konsep penyajiannya yang unik sehingga menarik perhatian banyak penikmat kuliner di Indonesia, khususnya anak – anak dan remaja.

 

Pada dasarnya, nitrogen (N2) berwujud gas dan didapatkan melalui proses industri. Akan tetapi, jika gas nitrogen didinginkan melalui proses cryogenic hingga suhu -196 C, gas ini akan berubah wujud menjadi cair (LN2). Namun, apabila suhu dinaikkan kembali, LN2 dapat berubah wujud kembali menjadi gas.

Nitrogen cair ini berfungsi untuk mendinginkan makanan secara cepat seperti es krim. Nitrogen cair ini cukup dituangkan ke dalam adonan es krim, dan dalam waktu 2 menit es krim sudah jadi, tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu. Cepatnya waktu pendinginan ini dapat meminimalisir penggunaan gum, emulsifier, dan bahan penstabil lainnya. Kelebihan lainnya dari pembuatan es krim menggunakan nitrogen cair ini adalah tekstur es krim jadi lebih lembut, karena nitrogen cair bisa mengurangi pembentukan kristal es yang biasanya muncul saat pembuatan es krim dengan cara yang biasa.

Proses pembuatan es krim ini dilakukan dengan mencampurkan adonan es krim dengan LN2 menggunakan alat pencampur bertenaga cepat. Walaupun terhitung mudah dan cepat dalam pembuatannya, pembuatan es krim dengan LN2 ini hanya dapat dilakukan dengan peralatan keamanan yang baik. Saat membuat es krim ini, harus menggunakan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia dan LN2 ditempatkan pada wadah atau tempat yang aman. Karena berbahaya jika tangan terpapar oleh LN2 dalam jumlah yang banyak, karena tangan dapat menjadi kaku dan rapuh. Karena suhunya bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, yang diibaratkan seperti cairan panas yang dapat membuat kulit melepuh. Hal ini tidak akan terasa jika jumlahnya hanya sedikit, namun jika terpapar dalam jumlah yang banyak, maka dapat berpengaruh atau akan mengalami gangguan kesehatan.

Meski menarik, beberapa orang masih mempertanyakan keamanan mengkonsumsi es krim nitrogen ini. Namun, kita perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi es krim ini, karena suhu makanan yang teralalu dingin bisa membuat kita mengalami sensasi brain freeze (sakit kepala akibat rangsangan dingin).

Bagaimana tanggapan kalian? Apakah tertarik mencoba es krim nitrogen cair ini? 

Gusti Salma Assyifa Balela                 
62 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.