Opini Akademisi May 13 3 Min Read

Saat Temukan Kesalahan dalam Publikasi Sebelumnya, Perlukah Menghubungi Penerbit?




Sering terjadi di antara penulis bahwa hasil yang mereka laporkan dalam penelitian sebelumnya memiliki kesalahan atau mengandung hal yang kurang tepat. Namun, menutupi kesalahan dianggap lebih buruk daripada kesalahan itu sendiri.

Menemukan kesalahan dalam publikasi sebelumnya bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Namun, jika kesalahan itu benar-benar tidak disengaja, Anda harus menghubungi jurnal untuk mengeluarkan koreksi/pencabutan paper. Melakukannya, dan bersikap se-transparan mungkin tentang kesalahan, bahkan dapat menghasilkan niat baik di antara rekan-rekan Anda.

Profesor Pamela Ronald dari University of California, Davis, dipuji oleh komunitas ilmiah karena menarik kembali dua paper setelah dia menemukan bahwa strain bakteri tidak sengaja telah diberi label yang salah, kemudian membatalkan kesimpulan dari kedua paper tersebut.

Efek serupa dilaporkan dalam studi tahun 2017, di mana penulis mengklaim bahwa penarikan diri tidak merusak reputasi mereka dan, dalam beberapa kasus, telah memperbaikinya.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa pencabutan tunggal dapat mengakibatkan pengurangan kutipan di seluruh catatan publikasi penulis. Namun, efek ini menghilang untuk kesalahan yang dilaporkan sendiri.

Analisis terhadap 2047 pencabutan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 21% disebabkan oleh kesalahan yang tidak disengaja. Konsensusnya, setidaknya di negara Barat, adalah bahwa penulis yang maju sendiri harus 'dihargai' karena keberanian mereka. Beberapa telah menyerukan penciptaan istilah yang berbeda untuk membedakan antara kertas ditarik karena kesalahan dan mereka ditarik kembali karena kesalahan jujur.

Meskipun memakan waktu dan melelahkan secara emosional, mengoreksi diri / menarik kembali paper yang cacat adalah hal yang benar untuk dilakukan dan bahkan dapat membantu membangun kepercayaan di antara rekan-rekan Anda.(niken/KJ)

Sumber: http://news.klinikjurnal.com/post-detail.php?article=66

KLINIK JURNAL merupakan lembaga resmi dibawah perusahaan Global Science. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan profesional dan proses asistensi yang legal demi membangun citra publikasi Indonesia secara global.

Di tahun 2022 ini kami mulai menggiatkan program edukasi secara GRATIS untuk para akademisi yang haus ilmu seputar menulis dan publikasi ilmiah. Untuk mendaftar di program tersebut bisa kunjungi website di link berikut: https://klinikjurnal.com/authoracademy/ atau mendaftar di bit.ly/JoinAuthorAcademyKJ

Silakan ikuti juga Diskusi pada forum berikut:

Diskusi di Telegram: https://t.me/SolusiScopus

Diskusi di Facebook: https://www.facebook.com/groups/forumsolusiscopus

KLINIK JURNAL                 
147 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.