Opini Akademisi August 7 4 Min Read

Tips Sederhana Meningkatkan Kebahagiaan




Berbagai persoalan hidup yang dihadapi manusia menjadikan kita rentan terhadap stress. Stress yang berkepanjangan bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit mental, sehingga yang perlu diperhatikan adalah bagaimana teknik mengelola stress tersebut. Lebih penting lagi jika kita bisa menghindari stress dan bahagia menjalani hidup. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram.

Kita, sebagai individu punya kontrol terhadap diri kita, sehingga kita yang akan menentukan kebahagiaan diri kita sendiri. Jika kita sering mengatakan bahwa kebahagiaan adalah pilihan, maka kita bisa memilih untuk menjadi bahagia atau sedih atau stress atau bahkan depresi. Tetapi terkadang kita dihadapkan dengan banyak persoalan yang menuntut kita untuk menjadi bahagia apapun kondisinya.

Berikut beberapa teknik sederhana untuk membantu meningkatkan kegembiraan yang lebih dalam dan jangka panjang:

  1. Bahagialah ketika bekerja dan waktu luang

Kita akan bahagia dan mudah untuk melakukan pekerjaan kita. Ketika kita melibatkan diri dalam setiap aktivitas yang akan membahagiakan kita bahkan ketika waktu luang kita. Penting sekali untuk menjauhkan segala beban pikiran atau tugas yang terlalu berat agar tetap bahagia.

  1. Pilih makanan yang dapat menghilangkan stress

Makanan berdampak besar terhadap emosi kita. Coba perhatikan ketika kita memilih makanan yang salah, maka emosi kita tidak akan stabil dan cenderung merasa marah, sedih, dan kecewa. Bandingkan ketika kita memilih makanan yang cocok untuk tubuh kita, kita akan jauh lebih merasa bahagia. Makanan sehat dan tidak sehat sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan kita. Coba kamu buktikan sendiri!

  1. Jauhkan diri dari sifat dendam dan iri hati

Salah satu faktor terbesar yang membuat kita tidak bahagia adalah sifat dendam dan iri hati. Dendam dan iri hati adalah hal yang normal terjadi, namun sifat itu tidak boleh dipelihara, harus dilepaskan dan jauhkan dari diri kita. Faktanya, dendam dan iri hati merupakan emosi yang akan menyakiti diri kita sendiri daripada menyakiti orang yang telah menyakiti kita. Jadi, lebih baik jauh-jauh dari sifat iri hati dan dendam.

  1. Bangkit

Setiap kita akan menghadapi berbagai macam masalah yang terkadang membuat kita kecewa dan bersedih. Kecewa dan sedih akan berdampak baik jika kita lekas pulih dari keadaan tersebut. Namun, jika kita terus-terusan terpuruk, kita akan jauh dari kata bahagia. Sehingga, dibutuhkan ketahanan diri dalam menganani berbagai kesulitan yang ada agar lebih mudah untuk bangkit.

  1. Perbanyak syukur

Penulis membuktikan bahwa syukur membawa banyak dampak positif bagi diri kita. Salah satu di antaranya, meningkatkan kebahagiaan kita. Syukur, adalah salah satu teknik positif yang membantu kita untuk lebih bahagia. Kita akan merasa cukup atas segala kondisi dan keadaan diri kita dan emosi positif akan memenuhi diri kita. Jadi, dengan memperbanyak syukur bisa meningkatkan kebahagiaan kita.

Itulah beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kebahagiaan, semoga kita selalu bahagia dan tetap bahagia menjalani hari.

Eulis Ardiyanti                 
94 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.