Kimia December 14 9 Min Read

Benzena bukan Bensin




Benzena merupakan senyawa organik dengan rumus kimia C6H6. Molekul benzena tersusun enam atom karbon yang berikatan dalam suatu cincin, dengan satu atom hidrogen yang berikatan pada masing-masing atom karbon. Benzena hanya mengandung atom karbon dan hidrogen dan dikelompokkan sebagai hidrokarbon.

Benzena juga dapat disebut PhH. Benzena adalah cairan yang tak berarna, sifatnya sangat mudah terbakar dan memiliki bau harum. Benzena memiliki kandungan alami minyak mentah dan salah satunya petrokimia esensial. Oleh karena itu, cincinnya memiliki ikatan pi kontinu antar atom karbon, benzena diklasifikasikan sebagai hidrokarbon aromatik, [n]-anulena(-anulena).

Benzena memiliki bilangan oktan yang tinggi, bensin (bbm) mengandung turunan aromatiknya seperti xilena dan toluena hingga mencapai 25%. Keberadaan benzena memberi aroma khas di SPBU. Penggunaan utamanya adalah sebagai prekursor pabrikasi bahan kimia dengan struktur yang lebih kompleks, seperti etilbenzena dan kumena, yang setiap tahunnya diproduksi milyaran kilogram untuk di olah menjadi bensin. Benzena telah dibatasi hingga kurang dari 1% dalam bensin karena diketahui sebagai karsinogen pada manusia. Aplikasi non-industrialnya telah dibatasi dengan alasan yang sama.

Tri Widyaningsih                 
103 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.