Opini Akademisi May 31 9 Min Read

5 Jenis Makanan Dapat Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata




Mata salah satu organ tubuh yang amat penting untuk di jaga. Kesehatan mata jelas sangat membantu kita untuk bisa beraktivitas dengan baik, misalnya dalam dunia kerja agar kita bisa lebih fokus, terutama bidang pekerjaan yang memang memerlukan fungsi mata agar pekerjaan dapat berjalan lancar.
Selain memperbanyak konsumsi air minimal dua liter per hari, juga sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk mata, diantara nya adalah :

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memang dikenal dengan banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yakni baik untuk kesehatan mata, bahkan bukan cuma mata tetapi sehat untuk seluruh tubuh. Sayuran hijau sangat cocok dijadikan menu makanan bersama keluarga, entah saat sahur maupun saat berbuka puasa.

Ada banyak jenis sayuran hijau, mulai dari brokoli, bayam, daun katuk, hingga sawi hijau. Tergantung dari kita pilihnya mana, dan selera apa yang pas saat dikonsumsi.

2. Wortel

Jelas sudah bukan rahasia kalau wortel memang sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Menurut penjelasan The American Journal of Clinical Nutrition, bahwa wortel mengandung vitamin A yang dapat membantu meningkatkan penglihatan mata, termasuk mata minus. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi sistem penglihatan dan kekebalan tubuh saat stress.

3. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang cocok dikonsumsi saat ramadan, selain enak dan menyenangkan juga dapat menjaga kesehatan mata. Mulai dari kacang polong, kacang mete, dan berbagai jenis kacang lainnya.

Termasuk juga kacang almond yang mengandung vitamin E. Diperkirakan sekitar satu genggam kacang almond per hari bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per hari yang bisa memperlambat penurunan fungsi makula dan berakibat menurunnya daya lihat kamu. 

4. Buah-buahan

Ada banyak jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata, seperti buah alpukat, bluberi, jeruk, kiwi, tomat, mangga, dan pepaya. Buah-buahan ini mempunyai kandungan dan profil nutrisi yang sangat besar manfaatnya untuk mata.

5. Telur

Kuningnya telur adalah bagian terpenting untuk kesehatan mata. Bagi yang mengonsumsi telur untuk sebaiknya tidak menyisihkan atau membuang bagian kuning telur ketika mengonsumsinya. Manfaat kuning telur kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi tersebut mempunyai khasiat yang dapat mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Walaupun masih ada jenis makanan lain yang tak saya sebutkan dalam tulisan ini, akan tetapi setidaknya jenis makanan di atas sedikit bisa menjaga kesehatan mata kita. Semoga kita masih diberikan kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mata dengan baik. Apakah sobat sudah melakukannya?

 

Sumber gambar : Pixabay.com

Budi Prathama                 
94 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.