Sosial dan Bisnis March 14 7 Min Read

Akuntansi Era 4.0 dan 5.0




Revolusi Industri yang ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Pada tahun 1800 adanya penemuan mesin uap mendorong munculnya kapal uap, kereta api uap, mesin pabrik bertenaga uap, dan lain-lain. Satu abad kemudian ditemukan listrik dan assembly line yang meningkatkan produksi barang. Kemudian pada tahun 2000 inovasi teknologi informasi, komersialisasi, personal computer, dan lain-lain hingga pada tahun 2019 hingga sekarang dunia berada di Revolusi Industri 4.0 dimana kegiatan manufaktur terintegrasi melalui teknologi wireless dan big data secara masif. Karakteristik utama Revolusi Industri 4.0 ditandai kehadiran disruptive teknologi yang begitu cepat dan pesat sehingga memberi ancaman bagi industri-industri raksasa. Dampak dari perubahan era industri ini, salah satunya adalah dunia akuntansi. Selama era revolusi industri 4.0 tentunya terjadi perubahan yang cukup signifikan jika kita bandingkan dengan wajah akuntansi di era 3.0 pada tahun 1970-an. Begitu juga dengan saat ini, di mana era society 5.0 pasti akan membawa banyak perubahan yang berbeda. Kemunculan teknologi canggih dapat menjadi ancaman bagi kita sebagai mahasiswa jurusan akuntansi ketika akan memasuki dunia kerja. Kenapa bisa seperti itu? Di era baru ini, ukuran perusahaan tidak perlu besar, namun perusahaan harus lincah dalam memanfaatkan teknologi dan informasi. Fokus utama Revolusi Industri 4.0 adalah siklus inovasi yang lebih singkat, produk yang lebih kompleks, serta volume data yang lebih besar, mass production yang lebih terindividualisasi, pasar yang volatile, serta produktivitas yang tinggi, efisiensi energi dan sumber daya menjadi faktor kompetesi yang kritikal. Wajah kegiatan ekonomi dunia sekarang: berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi. Beberapa model bisnis dan pekerjaan di Indonesia telah terkena dampak dari arus digitalisasi: toko konvensional mulai tergantikan dengan online marketplace, taksi dan ojek tradisional mulai digantikan moda transportasi online.

 

Berangkat dari Era Revolusi Industri 4.0, mulai berkembang Era Society 5.0 yaitu sebuah masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan teknologi dengan menyelesaikan masalah melalui sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik. Karakterisitik utamanya adalah penggunaan teknologi canggih, robot, drown, computer, artificial intelligent dan big data serta kegiatan manusia dijalankan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Lalu bagaimana Akuntansi pada Era 4.0 dan 5.0?

Perkembangan teknologi mengubah bisnis: bagaimana pendanaan atas bisnis (banyak aset yang akan berupa teknologi), sumber daya yang dibutuhkan dalam bisnis (tidak banyak SDM termasuk staf akuntansi), pembuatan dan pengembangan perusahaan baru (berbasis virtual office/shop) dan cara menjual produk serta jasa (melalui online marketplace). Penggunaan robotics dan big data mengambil alih pekerjaan dasar yang dilakukan oleh akuntan (mencatat transaksi, mengolah transaksi, memilah transaksi). Empat tren informasi yang terjadi dan berdampak langsung dengan kinerja akuntan imbas terjadinya Revolusi Industri 4.0: artificial intelligence, blockchain, cyber risk, dan big data analytics. Akuntansi di masa depan seperti data akuntansi berbasis cloud, akuntansi mendapat pengaruh kekuatan penggunaan big data, akuntansi akan mengintegrasikan informasi keuangan non-tradisional dalam sistem modern, pekerjaan akuntansi bersifat efisien dan mobile, peran akuntansi berubah secara radikal. Akuntan pun mengalami perubahan yaitu menyediakan insight atas data, menjadi penasihat, bermitra dengan teknologi, berkembang ke area-area baru seperti keberlanjutan, non-financial reporting dan cyber security.

 

Sumber:

World Economic Forum

Dwi Martani

Yeris                 
146 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.