Opini Akademisi August 8 4 Min Read

Tips Menulis Esai LPDP




Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa kita sebut Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa yang paling banyak diburu oleh para mahasiswa. Sampai saat ini sudah banyak para penerimanya yang berkuliah di kampus-kampus ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL atau IELTS, LPDP juga mensyaratkan pembuatan esai. Kualitas esai biasanya merupakan salah satu indikator penting yang akan mempengaruhi kelulusan beasiswa. Berikut ini adalah penjelasan tentang apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis esai LPDP.

5 Tips Menulis Esai LPDP

1. Awali dengan Pengenalan Diri

Ketika menulis esai mulailah dengan perkenalan diri secara jelas dan terstruktur. Tuliskan identitas pribadi, riwayat pendidikan, latar belakang pekerjaan, pencapaian selama ini, serta kegiatan yang kamu lakukan saat ini. Catatan pentingnya adalah, jelaskanlah pengalaman organisasi/kerja yang paling relevan serta memiliki pengaruh dan hubungan dengan kontribusi yang akan kamu lakukan di masa depan melalui studimu.

2. Kolaborasikan Bahasa Inggris dan Kalimat Efektif

Penggunaan Bahasa Inggris dalam menulis esai bisa jadi poin plus tersendiri, karena secara tidak langsung kamu bisa menunjukan bahwa kamu mampu untuk mendeskripsikan dan menuliskan tujuanmu menggunakan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Selanjutnya pastikan juga esai tidak terlalu panjang. Untuk ketentuan panjang esai kontribusi pasca studi, kamu diharuskan menulis sekitar 1500-2000 kata.

Buatlah outline esai sebelum kamu menulis agar kamu bisa pastikan bahwa hal-hal yang dituliskan singkat, padat, dan jelas. Buatlah kalimat seefektif mungkin dan hindari istilah-istilah teknis yang hanya kamu sendiri yang mengetahui artinya, dengan kata lain pergunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

3. Permasalahan yang Diangkat dalam Esai

Jangan memilih masalah yang terlalu general alias umum. Masalah yang kamu bahas sangat menentukan kualitas dari esai. Tulislah masalah yang bersifat spesifik di wilayah tertentu, ataupun masalah yang sedang terjadi di lingkungan kerja dan sebagainya. Kemudian perkuat data yang kamu tulis dengan menambahkan data dari suatu penelitian, berita, atau pun narasumber terpercaya lainnya.

Setelah itu lanjut ke solusi dari masalah tersebut. Jabarkan dan sebutkan dengan detail solusi kamu melalui program, lembaga, komunitas, ataupun suatu kegiatan (sebaiknya gunakan pendekatan 5W + 1H). Lalu yang terakhir, jangan lupa untuk menuliskan kemungkinan atau perkiraan hasilnya seperti apa.

4. Rencana Pasca Studi

Gambarkan tujuan dan cita-cita kamu dengan jelas di dalam esai. Jelaskan juga kenapa impian kamu penting dan dampak baik apa yang akan dirasakan oleh masyarakat apabila impian tersebut terealisasikan. Sebaiknya tulislah impian yang tujuannya adalah menyelesaikan masalah yang terjadi di daerahmu. Pastikan juga di dalam esai bahwa kamu akan memberikan kontribusi yang akan membawa perubahan positif untuk sekitarmu. Jelaskan pula langkah konkret yang akan kamu lakukan dan pastikan bahwa hal itu bermanfaat bagi masyarakat sekitarmu.

5. Mencapai Tujuan dan Kontribusi Beasiswa

Kamu bisa mendeskripsikan cara dan langkah yang hendak kamu lakukan dalam mewujudkan impianmu, ceritakan langkah konkret berdasarkan timeline waktu atau apa saja yang akan kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan orang atau instansi yang mungkin terlibat atau berkolaborasi. Jelaskan peran orang atau instansi tersebut dalam pencapaian impianmu. Lebih bagus lagi, tambahkan peran beasiswa dalam memotivasimu untuk mewujudkan impianmu.

Oke, itulah tips dalam menulis esai LPDP yang bisa kamu terapkan agar mimpi dan impianmu untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP bisa segera terwujud. Dan jangan lupa untuk terus mengasah kemapuan bahasa Inggris kamu dengan les TOEFL atau IELTS jika kamu rasa skor kamu belum cukup untuk bisa mendapatkan beasiswa. Tetap semangat dan semoga berhasil!

Khairil Fajrin                 
118 0 1
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.