by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Miri Pariyas Tutik Fitriyas                  
888 0 1
Sains dan Teknologi May 25 9 Min Read

Manfaat Mendengarkan Musik di Saat Bekerja




 

Bekerja sambil mendengarkan musik ditambah dengan kopi di samping meja, membuat suasana lebih menyenangkan. Keindahan dengan lirik dan ritme lagu “kesukaan” membuat semangat bekerja semakin menggugah. Seoalah-olah tidak bekerja, namun seperti berada di ruang pesta yang membuat hati riang gembira.

Entah, apa yang membuat musik dapat menyulap seorang pekerja semakin bergairah untuk menuntaskan pekerjaannya. Menghilangkan stress dan penat akan pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk. Ia meningkatkan kebahagiaan bagi penikmatnya. Beberapa orang mengatakan bahwa saat mendengarkan musik, otak akan melepaskan hormon perasaan bahagia.

Nah, apa saja respon yang diberikan otak setelah mendengarkan musik?

Merangsang Kerja Hippocampus

Hippocampus merupakan bagian dari otak besar yang terletak di temporal dekat pusat otak. Fungsi utamanya adalah dapat mempelajari dan menyimpan serta mengingat memori jangka panjang.

Ketika kamu sedang mendengarkan musik, lalu bagian yang dianggap sebagai unit pemrosesan pusat otak ikut terangsang. Hal ini adalah salah satu kerja dari fungsi hippocampus, di mana dapat menjembatani antara sensasi dan emosi tertentu pada ingatanmu, tiba-tiba mengingat momentum yang pernah kamu lakukan yang berkaitan dengan lagu yang sedang kamu dengar.

Selain itu, ia juga dapat mempelajari dengan begitu cepat bahasa baru dari lirik lagu tersebut. Sebab, rangkaian dari nada lagu menimbulkan respon yang mirip bahasa itu. Sehingga, juga dapat belajar berbagai nilai pengetahuan dari lagu tersebut.

Nah, kalau kamu mendengar lagu yang membuat kamu bahagia dan teringat masa-masa bahagia mu, hingga mendatangkan kebahagian yang pernah kamu rasa dan terulang kembali. Itu dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai.

Memicu Perkembangan Otak

Orang yang sering mendengarkan musik, akan  cenderung mengalami proses penuaan otak yang lebih lambat. Bahkan, beberapa orang pernah berkata bahwa orang yang sering mendengarkan musik atau memainkan alat musik bisa meningkatkan kepekaan seseorang pada lingkungan sekitar. Sehingga dapat mengurangi tingkat kepikunan sejak dini.

Terjadi Keseimbangan Otak

Otak terdiri dari dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi berbeda. Ketika kita sedang mendengarkan lagu saat bekerja otak kanan-kiri berfungsi kedua-duanya, dan saling berkerjasama melakukan perannya.

Mengapa?

Otak kiri—yang sering disebut sebagai—otak kreatif, menjalankan peran dengan cara melakukan analisis terhadap permasalah yang terjadi. Kemudian, karena memiliki sifat yang kreatif, dia mencoba untuk menyelesaikan dengan cara mencari ide dan konsep dari masalah tersebut. Karena mendengarkan musik bagian dari seni, dan seni dimiliki otak kiri, di samping itu juga ada fungsi dari hippocampus yang saling bekerja sama untuk mengikat masalah hingga melahirkan sebuah ide.

Fungsi dari otak kanan terkenal dengan sifat “logis” yang berperan sebagai pengembangan ide atau konsep untuk menciptakan solusi yang dibuat otak kiri. Oleh karena itu, saat kamu dalam keadaan penat karena pekerjaan lalu mendengarkan musik, dapat melancarkan dan mempercepat pekerjaan yang dilakukan, dikarenakan fungsi otak kanan dan kiri sedang memainkan perannya dan menciptakan keseimbangan kerja antar keduanya.

Meningkatkan Produksi Kadar Dopamin

Dopamin adalah zat kimia di dalam otak yang bisa meningkat kadarnya saat seseorang mengalami sensasi yang menyenangkan. Bahkan, dopamin ini juga dapat membantu untuk lebih semangat dalam melakukan pekerjaan, secara fokus dan dengan penuh kegembiraan.

Salah satu penelitian di tahun 2011, yang dilakukan oleh seorang peneliti dari McGill University di Motreal yang melakukan riset tentang reaksi dopamin terhadap musik yang didengar oleh manusia, kadar dopamin memproduksi 9% lebih tinggi ketika responded mendengarkan lagu kesukaannya. Secara singkat, kita bisa menilai bahwa mendengarkan lagu dapat membantu kita lebih riang gembira.

Kesimpulannya adalah apabila kita mendengarkan lagu dengan genre kesukaan dapat meningkatkan kualitas kerja. Sebab, dari mendengarkan lagu kita dapat menciptakan kegembiraan sesuai dengan versi kita masing-masing. Kerja yang berat jadi mudah, karena lagu dapat memberikan dukungan mental yang lebih baik.

Sumber:

FWD Insurance. 2 Agustus 2021. Ternyata ini Efek yanga Diberikan Musik Pada Otak. https://www.fwd.co.id/fwdmax/passionstory-fashion-and-music/ternyata-ini-efek-yang-diberikan-musik-pada-otak/. Diakses Pada Tanggal 24 Oktober 2022.

Sumber Gambar:

Dika, C. 12 Mai 2017. Manfaat Mendegarkan Musik, Salah Satu Meningkatkan Daya Tubuh. https://aura.tabloidbintang.com/psikologi/read/67427/manfaat-mendengarkan-musik-salah-satunya-meningkatkan-daya-tubuh. Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.