Trending

Nur Rahmah Awaliah                 
252 0 0
Acara Akademik May 21 5 Min Read

The Art of Writing 5.0: Strategi Menulis Buku Ajar dan Referensi




 *The Art of Writing 5.0: Strategi Menulis Buku Ajar dan Referensi* 

Salam 24 jam sahabat semuanya! 

Sejarah peradaban Islam adalah sejarah yang tidak dapat dilepaskan dari kegiatan literasi. Literasi sendiri bahkan menjadi api penyala peradaban dengan perpustakaan sebagai dapur pacu peradaban. Sebagai orang yang menuntut ilmu, kita harus dapat mengembangkan gagasan secara lisan maupun tulisan. Karena: "Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad." - Imam Al Ghazali

Dari Timur Tengah dan Eropa kita mengenal: Ibnu Sina, ilmuwan dan dokter dari Persia. Bapak Kedokteran Modern. Ia adalah seorang penulis dan filosofis yang karyanya banyak bermanfaat bagi dunia masa kini. Ibnu Rusydi Seorang ulama fiqih dari Maroko, penulis berbagai bidang ilmu, termasuk filsafat, aqidah dan teologi Islam. Dan Imam Al-Ghazali, seorang ulama dari Persia yang melahirkan banyak tulisan-tulisan yang mempengaruhi pemikiran masyarakat muslim masa kini. Baik dibidang ilmu tafsir, ilmu fiqih, maupun tasawuf.

Dari Indonesia sendiri, ada Ir. Soekarno. Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Pahlawan kemerdekaan yang berjuang atas nama agama dan negara. Memiliki banyak tulisan mengenai pemikirannya tentang kemerdekaan dan revolusi. Ditahan karena ideologi, namun kegigihannya membuat ia terbebas. Pramudya Ananta Toer Seorang penulis luar biasa yang telah melahirkan karya lebih dari 50 judul dan diterjemahkan kedalam 42 bahasa asing.  Dirinya boleh ditahan, namun pemikirannya akan tetap bebas mengelilingi dunia. Buya Hamka Ulama besar asal Indonesia, ketua Majelis Ulama Indonesia pertama. Pahlawan Nasional. Beliau telah menulis berbagai jenis karya dan pemikiran yang semuanya didasari oleh ilmu agama yang beliau anut. Pernah ditahan bertahun-tahun dalam penjara, namun tidak menghentikannya dalam melahirkan karya. 

Apa yang bisa kita perlajari dari beliau? Apa yang membuat mereka begitu terkenal, begitu berpengaruh, dan begitu produktif dalam hidupnya? Mengapa beliau begitu bersemangat walaupun dihalangi oleh dunia? Karena beliau sekalian memahami bahwa dalam Islam, waktu begitu berharga, ilmu yang bermanfaat adalah pahala jariah, dan menuntuk ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Maka membacalah, dan menulislah. Karena hanya pemikiranlah yang tetap hidup, bahkan ketika raga telah redup.

Untuk itu kami hadir menyelenggarakan virtual training bertajuk *The Art of Writing 5.0*. 

Webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang strategi menulis buku ajar dan referensi bagi para pendidik dan pengajar di seluruh Indonesia. Pelatihan ini akan berfokus kepada teori dan praktik, sehingga para peserta disarankan untuk memiliki draft awal atau minimal outline. Bedah karya dan diskusi dimungkinkan dilakukan berkesinambungan secara virtual di dalam grup WA. 

Yuk, catat tanggalnya!

🗓 Sabtu, 4 Juni 2022

19.30  - 21.30 WIB 

💻 Zoom Meeting (Link akan dibagikan kemudian)

 *Keynote Speaker:* 

🗣️Prof. Dr. dr. Suryani As'ad, Sp.GK(K), M.Sc

* Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah Makassar

*Narasumber:*

🗣️ dr. Dito Anurogo, M.Sc.

* PhD student at Taipei Medical University Taiwan

* Professional writer (BNSP licensed)

* Author more than 20+ published books), such as: The Art of Medicine, The Miracle of Medicine, Ensiklopedia Penyakit dan Gangguan Kesehatan, etc.

Moderator :

🗣️ Sari Dewi 

(Founder Qonsulin)

🔖Masa Pendaftaran :

12 Mei 2022 - 2 Juni 2022

🔖Link Registrasi :

https://bit.ly/qonsulinwritingbook

🔖Benefits:

* Materi pembelajaran (pdf)

* E - certificate dan transkrip materi senilai 100 Jam Pembelajaran (JP)

* Doorprize

* Networking

* Peluang bedah karya

📲 Narahubung :

+62 82134593868 (Sari Dewi)

Segeralah mendaftar! Peluang takkan berulang!

Kegiatan ini didukung penuh oleh: Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Makassar

Nur Rahmah Awaliah                 
252 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.