Trending

Farida Dewi Nur`aini                 
52 0 0
Sains dan Teknologi November 15 4 Min Read

Bagaimana Prinsip Kerja Gelombang Mikro pada Microwave dan Siapa Penemunya?




Di zaman serba modern ini kegiatan manusia sangat dipermudah dengan adanya teknologi. Semisal saat kita hendak pergi ke pasar, kini kita tidak perlu capek berjalan kaki karena kita bisa sampai ke pasar dengan waktu yang lebih cepat dengan naik sepeda dibanding saat kita berjalan kaki. Atau jika kita ingin meminum secangkir kopi hangat, kita tidak perlu lagi repot-repot merebus air dengan kompor terlebih dahulu karena kita bisa hanya dengan menekan tombol pada dispenser lalu kita sudah bisa membuat kopi hangat. Itulah yang dinamakan dengan teknologi, yang salah satu fungsinya adalah meringankan beban kerja manusia.

Begitu juga dengan microwave. Dulu jika ingin menghangatkan makanan, kita harus menyiapkan panci kukusan dan menyalakan kompor terlebih dahulu. Sekarang kita hanya perlu memasukkan makanan ke dalam microwave kemudian menekan tombol pada microwave. Dalam beberapa detik makanan kita sudah hangat. Cukup praktis bukan? Namun apakah kalian tau bagaimana prinsip kerja dari microwave dan siapa penemunya?

Prinsip Kerja Microwave

Melansir Britannica Microwave adalah alat pemanas atau penghangat makanan yang memanfaatkan gelombang mikro, berbeda dengan kompor atau oven yang memakai api atau listrik dalam mematangkan makanan. Gelombang mikro tersebut akan diserap oleh air, lemak, gula dan molekul lainnya di dalam makanan sehingga menghasilkan getaran atau gesekan yang dapat menghasilkan panas. Pemanasan tersebut terjadi di dalam makanan saja tanpa membuat suhu udara sekitar menjadi hangat. Sehingga hal itu dapat mempercepat waktu  kita dalam memanaskan makanan. Fyi, frekuensi radiasi yang dihasilkan microwave adalah sekitar 2.450 megahertz. Radiasi gelombang mikro tersebut dihasilkan dari magnetron.

Microwave juga memiliki komponen penting lainnya selain tabung magnetron, yaitu microwave stirrer. Komponen tersebut berperan untuk menyebarkan gelombang mikro dalam microwave. Selain itu terdapat komponen yang disebut dengan waveguide, fungsinya untuk mengarahkan gelombang mikro ke arah makanan yang ingin dipanaskan.

Pertama Kali Ditemukan Oleh Percy Lebaron Spencer

Melansir media Popular Mechanics, microwave pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Percy Lebaron Spencer, seorang teknisi di Raytheon Manufacturing Company yang sedang bekerja dalam projek pengembangan teknologi radar menggunakan magnetron, pada masa Perang Dunia II. Pada suatu hari setelah ia melakukan eksperimen tingkat kekuatan tabung magnetron, ia terkejut bahwa cokelat yang ia ambil dari sakunya untuk makan siang meleleh. Dari situ ia menyimpulkan bahwa gelombang mikro bisa memanaskan makanan.

Lalu Percy mulai mengembangkan alat pemanas makanan tersebut. Ia juga menemukan bahwa microwave dapat memasak makanan lebih cepat dibanding oven. Ia memperoleh paten atas penemuan microwave pertama di dunia pada tahun 1945.

Microwave temuan Percy mulai dijual pada tahun 1947. Kala itu alat pemanas makanan tersebut dinamakan Radarange dan masih berukuran sebesar lemari es. Baru pada tahun 1967, ukuran microwave berubah menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan saat pertama kemunculannya. Hal tersebut dilakukan agar penggunanya bisa menggunakan microwave lebih efisien karena bisa diletakkan di atas meja dapur.

 

Sumber Gambar : gagastekno.com ; kompas.com ; detik.com

Farida Dewi Nur`aini                 
52 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.