by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Salman Umar                 
457 0 1
Acara Akademik October 4 5 Min Read

Bertemakan Eco Enzim, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas Membantu Mengembangkan Potensi Setempat




Sebanyak 7 orang mahasiswa Unand dari Jurusan Farmasi ditempatkan di Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur, untuk melaksanakan beragam program kerja demi membantu kemajuan nagari. Beberapa program kerja yang diusung oleh mahasiswa KKN UNAND adalah apoteker cilik dan pembuatan plang penunjuk arah Kantor Lurah Andalas. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dr. apt. Salman, M.Si, pembimbing merupakan dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan september 2022.

 

 

Beberapa kegiatan dilaksanakan, salah satunya kegiatan apoteker cilik dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No.32 Andalas Padang. Kegiatan ini berguna untuk mengenalkan profesi apoteker kepada para pelajar dan perbedaan apoteker dengan profesi kesehatan lainnya. Program Apoteker Cilik atau yg disingkat dengan Apocil ini ditujukan untuk siswa kelas 5, berbagai atribut seperti topi apoteker serta jargon yang sudah dipersiapkan mahasiswa membuat para siswa antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Tak hanya memperkenalkan profesi apoteker saja, mahasiswa juga mengajarkan bagaimana cara membuat sabun cair menggunakan Eco Enzim sebagai potensi daerah setempat.

Bukan hanya itu, mahasiswa dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan juga mendirikan plang penunjuk arah Kantor Lurah Andalas yang beralamatkan di Jalan Azizi Komplek Cendana. Pemasangan plang ini dilakukan mulai tanggal 28 Agustus 2022 sampai dengan 8 September 2022. Kegiatan ini dilakukan 2 hari dikarenakan ada 2 plang yang di pasang yaitu plang besar yang diletakan di Jalan Azizi dan plang kecil penunjuk arah di persimpangan menuju Kantor Lurah Andalas.

 

 

 

Plang penunjuk arah ini bisa digunakan sebagai salah satu sarana penunjuk arah bagi warga nantinya. Tim KKN Andalas berharap bahwa plang tersebut nantinya dapat terjaga dengan baik serta bermanfaat bagi warga sekitar.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program yang wajib diadakan di beberapa perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi atau universitas yang mewajibkan pelaksanaan KKN adalah Universitas Andalas. Dengan berlandaskan misi tridharma perguruan tinggi, pelaksanaan KKN di Universitas Andalas diharapkan dapat mendekatkan mahasiswa kepada masyarakat umum sembari mempraktikkan ilmunya ke lapangan.

Pada tahun ini, Universitas Andalas mengadakan program KKN dengan mengusung tema “Bakti Untuk Nagari”. Tema ini sejalan dengan sistem pelaksanaan KKN UNAND 2022 yang mengutamakan program kerja nagari untuk direalisasikan oleh mahasiswa KKN. Salah satu nagari yang ditempati oleh mahasiswa KKN Unand adalah Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang timur, Kota Padang.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.