Trending

Budi Prathama                 
194 0 0
Acara Akademik May 11 9 Min Read

BPS Majene Gelar Sensus Penduduk Long From 2022




Badan Pusat Statistika (BPS) Kabupaten Majene menggelar Pembukaan Kegiatan Pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk (SP) tahun 2022 tingkat Kabupaten Majene, bertempat di Aula Tammajarra LPMP Sulawesi Barat (Sulbar), Jalan Poros Mamuju, Rangas, Kecamatan Banggae, Totoli, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (10/05/2022).

Kepala BPS Majene Syihabuddin menjelaskan kegiatan Sensus Penduduk (SP) yang digelar adalah SP tahun 2020, dan merupakan SP lanjutan yang baru dilaksanakan pada tahun 2022.

Adapun bentuk kegiatan berupa pendataan Long Form yang dimulai dari perencanaan pelaksanaan pendataan Short Form dan Long Form pada tahun 2018. Akan tetapi terjadi pembatalan pelaksanaan pendataan Long Form pada tahun 2021 akibat refocusing anggaran.

"Tujuan pendataan Long Form guna untuk memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk. Selain itu, juga untuk memperoleh data perhitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi), serta sumber data dari indikator angka kematian ibu," ujar Kepala BPS Majene, Syihabuddin.

"Data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk, dan perumahannya serta sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak  dapat diperoleh dari sumber lain," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele (AST) menghadiri dan memberikan sambutan. Ia menginstruksikan kepada seluruh pimpinan OPD dan para Camat di Kabupaten Majene, agar menghimbau jajaran di bawahnya untuk menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020 atau Sensus Penduduk Long Form di tahun 2022.

Menurutnya Long Form SP 2022 sangat penting, karena melalui SP tersebut diharapkan dapat menghasilkan berbagai parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya, demi menghasilkan indikator SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan.

Tidak hanya itu, mantan Sekda Majene ini juga mengatakan manfaat data kependudukan hasil Sensus Penduduk (SP) 2020 akan semakin luas. Seperti perencanaan dan proyeksi penduduk sampai tahun 2050, lebih luas lagi, data hasil penduduk 2020 yang dapat dimanfaatkan untuk penyempurnaan data administrasi kependudukan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi di dalam Sensus Penduduk 2020 ini, saya juga menginstruksikan seluruh pimpinan OPD dan para Camat di Kabupaten Majene agar menghimbau jajaran di bawahnya untuk menyukseskan kegiatan ini," Ucap Andi Achmad Syukri orang nomor wahid di Majene, seperti rilis yang diterima (10/05/2022).

Sensus Penduduk (SP) akan dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2022. Koresponden akan mendapatkan 83 pertanyaan yang berisi variabel yang dibutuhkan BPS, yaitu individu 13 pertanyaan, fertilitas dan mortalitas 22 pertanyaan, migrasi/mobilitas 18 pertanyaan, disabilitas 11 pertanyaan, pendidikan dan komunikasi 4 pertanyaan, perumahan 10 pertanyaan, dan ketenagakerjaan 5 pertanyaan.

Budi Prathama                 
194 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.