by INBIO

"Connecting The Dots of Sciences"

Trending

Dita Permatasari                 
397 0 0
Acara Akademik June 2 5 Min Read

PENGENALAN BERBAGAI PENYALAHGUNAAN BAHAN BERBAHAYA PADA SKINCARE DAN KOSMETIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN AKAN KESEHATAN




Fakultas Farmasi Universitas Andalas telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di MAN 1 Padang yang terletak di Jl. Durian Taruang, Ps. Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (27/5/2023). Pengabdian masyarakat ini diinisiasi oleh Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas dengan apt. Dita Permatasari, M.Farm yang bertindak sebagai Ketua Pengabdian Masyarakat bersama apt. Annisa Fauzana, M.Farm. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yaitu dr. Liganda Endo Mahata, M.Biomed yang berperan sebagai dokter serta melibatkan mahasiswa S1 Farmasi UNAND yang tergabung dalam klub NSAID (New Society of Andalas Pharmaceutical for Education and Information about Drugs) dan juga WARDAH (Beauty Cosmetics Indonesia) sebagai collaborative partnership.

Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah pelajar sekolah karena pada masa inilah biasanya mereka mulai memakai skincare dan kosmetik. Kegiatan ini dilaksanakan kepada siswa dan siswi kelas 11 IPA 1 MAN 1 Padang yang terdiri dari 32 orang.  Remaja dengan pengetahuan kurang mengenai skincare dan kosmetik dapat berpeluang memiliki bahan berbahaya atau tidak boleh digunakan pada skincare dan kosmetik mereka. Sebagai upaya pencegahan dapat dilakukan edukasi sedari dini mengenai bahan-bahan yang tidak boleh digunakan dan bagaiman ciri-ciri produk kecantikan yang tidak baik untuk kulit yang memberikan efek sangat berbahaya seperti bisa timbul flek hitam, jerawat yang parah, bahkan bisa terkena kanker kulit.

Kegiatan dimulai dengan pemberian materi edukasi oleh dokter yaitu dr. Liganda Endo Mahata, M.Biomed tentang pengaruh skincare dan kosmetik terhadap kesehatan yang membahas tentang alasan penggunaan skincare/kosmetik, daftar bahan berbahaya yang tidak boleh ada pada produk kecantikan, penyakit yang timbul akibat bahan berbahaya, dan langkah pencegahan jika sudah terkena bahan berbahayanya.

Selanjutnya, pemberian materi penyuluhan oleh apoteker yaitu apt. Annisa Fauzana, M.Farm., tentang pemilihan produk kosmetika yang aman bagi kesehatan, apa saja masalah yang terjadi pada peredaran kosmetika, pengawasan oleh BPOM, tips memilih kandungan produk yang aman, dan kenapa tidak boleh menggunakan merkuri pada produk kosmetik.

Setelah dilakukan pemaparan materi, diberikan tes kepada siswa dan siswi tersebut. Hasil tes menunjukkan bahwa mereka memahami materi yang diberikan oleh narasumber. Acara berikutnya, klub NSAID didampingi ketua pengabdian masyarakat mengadakan permainan rangking 1 untuk melihat pemahaman sekaligus untuk mengurangi kejenuhan mereka. Tersedia pula hadiah untuk para pemenang rangking 1 dan peserta yang memiliki nilai tertinggi pada tes. Selain itu, seluruh siswa-siswi juga mendapatkan hadiah sebagai tanda terima kasih atas antusiasme yang telah ditunjukkan selama acara berlangsung.

 

Tim pengabdian juga melakukan kolaborasi dengan WARDAH (Beauty Cosmetics Indonesia) untuk memberikan workshop edukasi berupa tipe-tipe kulit, tahapan pemakaian skincare dan pastikan produk skincare yang kita pakai aman dari bahan berbahaya. Workshop juga diiikuti pemberian hampers kepada siswa dan siswi yang aktif selama workshopnya. Di akhir acara, ketua pengabdian masyarakat menyerahkan plakat kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih kepada MAN 1 Padang karena telah mengizinkan acara pengabdian masyarakat disana.

Ketua pengabdian masyarakat (apt. Dita Permatasari, M.Farm.) mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan pelajar terutama siswa-siswi MAN 1 Padang terhadap bahan berbahaya pada skincare dan kosmetik, cara pemilihan kandungan produk yang aman, dan dapat menjaga kesehatan kulit dari edukasi yang telah diberikan. Hendaknya, setelah kegiatan ini selesai mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memilih produk skincare dan kosmetik yang akan mereka gunakan sebagai langkah awal sadar pentingnya kesehatan, terutama kesehatan kulit.

 


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +62 895-3874-55100
Email: layanan.generasipeneliti@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.