Trending

ibnunu                 
159 0 0
Acara Akademik October 19 4 Min Read

Mengenal LoA Salah Satu Syarat Penting Pengajuan Beasiswa Luar Negeri




LoA merupakan singkatan dari (Letter of acceptance) LoA dapat diartikan sebagai sebuah surat bersifat resmi yang dikeluarkan oleh Universitas untuk calon mahasiswanya yang dinyatakan bisa menjadi bagian dari Universitas tersebut. jadi LoA dapat diartikan sebagai surat resmi yang menyatakan bahwa penerimanya merupakan seorang yang sudah diterima di Universitas yang mengeluarkan letter of acceptance ini. Selain memuat pernyataan bahwa penerima bersangkutan telah dinyatakan sebagai bagian dari Universitas dalam Loa juga terdapat berbagai informasi lain seperti proses penerimaan mahasiswa baru dan sebagainya. Pada jajaran Universitas yang berhak menerbitkan letter of acceptance adalah dekan fakultas ataupun rektor dari universitas tersebut.

Letter of acceptance pun terbagi ke dalam  beberapa tipe. Pada umumnya letter of acceptance ini dibagi ke dalam dua tipe LoA. Apa saja kedua tipe LoA ini, yaitu Conditional LoA dan Unconditional LoA. Kedua tipe LoA ini memiliki perbedaan satu sama lain. Apa saja perbedaanya sebagai berikut:

Unconditional letter of acceptance

Pada jenis unconditional LoA merupakan jenis LoA yang menyatakan bahwa para penerimanya dinyatakan resmi diterima sebagai calon mahasiswa baru pada sebuah Universitas yang mengeluarkan unconditional letter of acceptance tanpa syarat tambahan. Tanpa syarat tambahan maka dapat diartikan bahwa penerima LoA jenis ini benar-benar telah memenuhi syarat dan hanya kurang satu tahap untuk bisa memulai proses perkuliahan di Universitas yang mengeluarkannya. Satu syarat yang harus diselesaikan di sini adalah syarat administrasi seperti pembayaran kuliah persemester. Setelah biaya dibayarkan calon mahasiswa dapat langung mengikuti proses masa orientasi sebagai pengenalan wiyata mandala Universitas pada mahasiswa baru di Universitas tersebut. Pada LoA jenis unconditional akan tercantum beberapa informasi-informasi sebagai berikut;

  • Jurusan atau program studi yang menerimamu
  • Masa studi perkuliahan
  • Jadwal perkuliahan
  • Informasi mengenai registrasi ulang mahasiswa baru
  • Informasi mengenai orientasi mahasiswa baru

Penting untuk kamu ketahui bahwasanya para pemegang letter of acceptance jenis unconditional ini berarti ia telah setuju dan berkomitmen bahwa ia bersedia menjadi mahasiswa pada Universitas yang mengeluarkannya.

Conditional letter of acceptance

Pada jenis letter of acceptance conditional merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan Universitas yang menyatakan bahwasanya atas nama penerima conditional LoA ini telah resmi dapat diterima sebagai calon mahasiswa dengan catatan. Inti dari LoA jenis ini adalah di terima dengan catatan, maksud dari diterima dengan catatan di sini dapat diartikan bahwasanya para penerima letter of acceptance jenis ini dinyatakan diterima akan tetapi harus melengkapi beberapa persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh para penerima LoA jenis ini agar ia dapat mendapatkan LoA jenis unconditional dan secara resmi bisa memulai masa orientasi ketika jadwalnya tiba. Beberapa ketentuan-ketentuan yang seringkali diminta dan harus dipenuhi agar para penerimanya dapat melanjutkan studi pada Universitas tersebut. yaitu:

  • Ketentuan akademik seperti syarat IPK minimal atau lolos program matrikulasi dengan nilai tertentu.
  • Persyaratan bahasa asing (Inggris) sesuai dengan bahasa pengantar yang digunakan di universitas tersebut. Misalnya, skor TOEFL atau IELTS disesuaikan dengan standar yang berlaku pada Universitas.
  • Kelengkapan dokumen seperti transkrip nilai, surat pernyataan, dan lain sebagainya.

Untuk para pemegang LoA conditional kamu diharuskan melengkapi segala ketentuan-ketentuan tertulisnya terlebih dahulu, setelah seluruh ketentuannya telah terpenuhi kamu akan mendapatkan LoA unconditional dan dinyatakan telah menjadi bagian dari Universitas yang kamu tuju.

Bagaimana cara mendapatkan LoA dari Universitas luar negeri:

  • Pendaftaran untuk mendapatkan LoA dapat dilakukan secara online maupun offline. Kunjungi saja laman resmi pendaftaran yang disediakan.
  • Mengisi formulir dan lengkapi dokumen syarat yang diminta dengan teliti dan cermat. Jangan lupa untuk mendaftar dan buat user akun di website pendaftaran.
  • Ubah dokumen dalam bentuk digital, misalnya PDF, atau scan dengan ukuran yang sudah ditetapkan sehingga bisa dikirim via online.
  • Dokumen dan persyaratan lain harus jelas dan terbaca, apalagi yang berbentuk angka.
  • Jika ada dokumen yang belum memenuhi persyaratan, kamu bisa kosongkan dulu pada saat pendaftaran.
  • Kamu akan mendapatkan surat penerimaan atau LoA bersifat conditional atau bersyarat karena belum melengkapi persyaratan. LoA ini akan menjadi unconditional jika sudah meng-upload seluruh dokumen yang disyaratkan.

Nah setelah kamu dinyatakan resmi terdaftar di Universitas luar negeri yang kamu tuju dan telah memegang LoA baru kamu bisa mencari pendanaan atau beasiswa yang akan mendanai seluruh kebutuhanmu semasa studi atau hanya sebagian biayanya saja.

Sumber Artikel:

https://titiknolenglish.com/cara-mendapatkan-loa-dari-universitas-luar-negeri/

ibnunu                 
159 0 0
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.