Trending

Nida Aulia                 
231 0 2
Acara Akademik March 31 3 Min Read

Asah Bakat Kamu dalam Menulis Fiksi dengan Mengikuti Lomba ini




Bagi kamu yang suka menulis cerita-cerita fiksi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cerpen. Cerpen merupakan singkatan dari “cerita pendek”. Dinamakan cerita pendek karena cerita yang dituliskan adalah cerita yang dikemas secara pendek, jelas, dan ringkas. Cerpen menjadi salah satu karya sastra yang disukai banyak orang. Ada banyak pembaca cerpen dan penulis cerpen.

Cerpen menghadirkan cerita singkat namun jelas dan sederhana. Inilah yang menjadi daya tarik pembaca cerpen. Cerita yang dituturkan tidak rumit. Selain itu, cerpen dapat dibaca dalam waktu sekali duduk saja. Tidak hanya pembaca, penulis-penulis cerpen pun juga bermunculan sekarang. Di Indonesia, terdapat beberapa nama yang merupakan seorang cerpenis terkenal dan melegenda seperti Chairil Gibran Ramadhan, Putu Wijaya, Hamsad Rangkuti dan masih banyak lagi.

Untuk menjadikan cerpennya dibukukan, cerpenis biasanya akan mengirimkan naskah cerpen ke penerbit untuk diterbitkan menjadi sebuah buku. Seiring perkembangan teknologi, untuk menjadikan cerpen kita dibukukan, kini jadi semakin banyak caranya. Sekarang sudah terdapat banyak  aplikasi menulis online. Dengan mendownload aplikasi dan rajin menulis di sana, bukan hal yang tidak mungkin karya cerpen kita dibukukan.

Sebut saja penulis Almira Bastari dan Valerie Patkar. Berawal mereka menulis di sebuah aplikasi menulis online yang kemudian karya mereka dibukukan. Kini, para penerbit sedang gencar-gencarnya mencari karya-karya di aplikasi menulis online untuk dibukukan. Bahkan, beberapa karya tersebut juga sampai difilmkan. Sebut saja Aku Tahu Kapan Kamu Mati karya Arumi E, Dear Nathan Hello Salma karya Erisca Febriani, The Perfect Husband karya Indah Riyana, dan masih banyak lagi. Tidak hanya lewat aplikasi, sekarang ada banyak sekali lomba-lomba menulis yang dimana salah satu rewardnya adalah karya mereka akan diterbitkan untuk menjadi sebuah buku.

Kali ini penerbit Cahaya Smith Pratama (CSP) mengadakan lomba menulis cerpen gratis. Penerbit yang baru saja didirikan pada 3 Maret 2022 lalu itu mengdakan lomba cerpen bertema romansa. Dengan mengikuti lomba cerpen ini, karya semua peserta akan dibukukan. Tidak hanya itu, ada banyak sekali reward yang akan diberikan kepada peserta yang mengikuti lomba ini, yaitu piala, gantungan kunci, sertifikat cetak, e-sertifikat, notebook, pena kipas lucu, baby gold mini, kantong serut, buku ber-ISBN, dan bookmark. Lomba ini terbuka untuk umum dan peserta wajib membeli buku karyanya sendiri minimal satu eksemplar. Dengan membeli buku hasil karyanya sendiri, menjadi suatu kebanggaan untuk para peserta.

Untuk bisa mengikuti lomba ini, peserta harus melakukan pendaftaran dengan cara:

  1. Waktu pendaftaran: 23 Maret 2022 - 13 April 2022.
  2. Follow ig https://instagram.com/cahayasmithpratama?utm_medium=copy_link
  3. Share banner minimal ke tiga grup media sosial atau lima kontak WhatsApp.
  4. Screenshot no 2 - 3, lalu kirim ke https://wa.me/6285820752533

Berikut ketentuan - ketentuan naskah cerpen untuk lomba cerpen CSP:

  1. Tema cerpen: romansa.
  2. Karya orisinil.
  3. Tidak plagiat.
  4. Tidak mengandung unsur SARA, rasis, LGBT, pornografi, dan ujaran kebencian.
  5. Minimal 500 kata, maksimal 2000 kata.
  6. Bionarasi maksimal 60 kata.
  7. Naskah dalam bentuk file word dengan format doc/ docx.
  8. Font Times New Roman/ Calibri.
  9. Font size 12.
  10. Spasi 1,5.
  11. Jenis kertas A4.
  12. Terakhir pengumpulan naskah: 13 April 2022.

Diharapkan lomba ini menjadi wadah untuk mengasah bakat menulis para peserta dan dapat mewujudkan impian para peserta karya cerpen mereka diterbitkan dan dibukukan. Selamat mengikuti lomba dengan adil dan semoga sukses.

Nida Aulia                 
231 0 2
Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

Generasipeneliti.id, merupakan perusahaan resmi dibawah PT Solusi Riset Indonesia yang berfokus untuk menyebarkan berita-berita baik terkait akademik di Indonesia


Our Social Media

Hubungi Kami


Customer Service

+62 8127-5915-940
generasipeneliti@gmail.com
Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.