Trending

Dira Hefni                 
169 0 0
Acara Akademik July 30 3 Min Read

EDUKASI DAN PENYULUHAN ANTI NARKOBA KEPADA SISWA/I SMP IT AL FURQON SIKAPAK BARAT KOTA PARIAMAN




Bahaya dan dampak narkotika serta obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pada saat sekarang ini sudah sangat meresahkan. Narkotika yang pada awalnya merupakan bahan atau zat yang bisa memberikan manfaat untuk proses penyembuhan, sekarang ini banyak disalahgunakan untuk mendapatkan efek yang menyenangkan. Narkotika jika digunakan dalam dosis yang tidak tepat bisa menyebabkan kecanduan, disini muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski dampak narkoba sudah banyak diketahui dan contoh di masyarakat sering ditemui, tetap saja pemakainya semakin bertambah.

Menurut Undang-Undang, Narkotika merupakan zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran serta menyebabkan kecanduan. Tanda-tanda seseorang menggunakan narkoba adalah berat badan yang turun drastis, nafsu makan menurun, mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, bibir kehitaman, emosi yang tidak stabil, malas, serta sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas.

Karena efek yang sangat buruk bagi kesehatan dan kehidupan, maka kesadaran untuk mencegah penggunaannya sangat diperlukan. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan adalah menghindari pergaulan bebas, sibukkan diri dengan hal-hal yang positif, perbanyak ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan, perbanyak olahraga agar tubuh sehat dan segera lapor jika ada yang menawari obat-obatan asing ke pihak berwajib.

Informasi dan edukasi anti narkoba ini telah disampaikan oleh Tim KKN Universitas Andalas bersama dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Dr. apt. Dira Hefni, M.Sc kepada siswa/i Sekolah Menengah Pertama IT Al Furqon Sikapak Barat Kota Pariaman pada tanggal 26 Juli 2023. SMP IT Al Furqon merupakan sekolah “full day” berbasis pendidikan islam yang menampung siswa kurang mampu. Saat ini siswa nya berjumlah lebih kurang 30 orang. Biaya operasional sekolah sangat bergantung pada bantuan yang diberikan donatur.

Gambar 1. Penyampaian materi oleh  Tim KKN Unand 2023 dan Dosen Pembimbing

Gambar 2. Foto bersama Siswa/i, guru dan Tim KKN Unand 2023

Diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, siswa/i SMP IT Al Furqon yang berada pada peralihan usia anak-anak menuju remaja ini dapat memahami bahaya dari narkotika serta tidak menggunakannya.


AUTHOR

Bagikan ini ke sosial media anda

(0) Komentar

Berikan Komentarmu

Tentang Generasi Peneliti

GenerasiPeneliti.id merupakan media online yang betujuan menyebarkan berita baik seputar akademik, acara akademik, informasi sains terkini, dan opini para akademisi. Platform media online dikelola secara sukarela (volunteers) oleh para dewan editor dan kontributor (penulis) dari berbagai kalangan akademisi junior hingga senior. Generasipeneliti.id dinaungi oleh Lembaga non-profit Bioinformatics Research Center (BRC-INBIO) http://brc.inbio-indonesia.org dan berkomitmen untuk menjadikan platform media online untuk semua peneliti di Indonesia.


Our Social Media

Hubungi Kami


WhatsApp: +818020532438
Email: brc.inbio@gmail.com

Kami menerima Kerjasama dengan semua pihak yang terkait dunia akademik atau perguruan tinggi.











Flag Counter

© Generasi Peneliti. All Rights Reserved.